EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam terdampak pandemi covid-19. Untuk mempertahankan eksistensinya di era post pandemic, pesantren membutuhkan strategi yang tepat agar tidak mengganggu visi misi lembaga. Penelitian ini menggunakan metode literatur review untuk merumuskan strategi berbasis teori continuous improvement yang disesuaikan dengan ciri khas pesantren. Hasil menunjukkan bahwa penerapan strategi continuous improvement dapat meningkatkan mutu lembaga sekaligus mempertahankan keunikan pesantren sebagai pusat pendidikan agama.

Strategi continuous improvement dapat diterapkan pesantren di era post pandemic melalui tiga tahap.(1) mengidentifikasi permasalahan internal dan eksternal pasca pandemi, (2) menetapkan tujuan terukur berdasarkan input, dan (3) mengevaluasi hasil secara berkala untuk perbaikan berkelanjutan.Penerapan strategi ini perlu mempertimbangkan visi misi pesantren dan kebijakan pemerintah.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji tiga aspek berikut: Pertama, bagaimana pengaruh perbedaan ciri khas pesantren (seperti program bahasa atau fiqih) terhadap efektivitas strategi continuous improvement. Kedua, peran teknologi dalam memfasilitasi proses perbaikan berkelanjutan di pesantren, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Ketiga, analisis terhadap dampak kebijakan pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan strategi ini. Studi ini perlu dilakukan melalui pendekatan kualitatif di berbagai pesantren dengan latar belakang berbeda untuk menghasilkan model adaptif yang relevan dengan konteks lokal.

  1. Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren | MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. manajemen... ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/manageria/article/view/12-10Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren MANAGERIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam manajemen ejournal uin suka ac tarbiyah index php manageria article view 12 10
File size620.31 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test