EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MAN Kota Pariaman Sumatera Barat untuk mata pelajaran Matematika, dengan subjek penelitian pada Program Ilmu Alam kelas XI.IA.2 tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI.IA.2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI.Peningkatan ini terlihat dari indikator kemampuan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan perhitungan, dan menyimpulkan jawaban.Dengan demikian, model pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran untuk penelitian lanjutan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap aspek afektif siswa, seperti motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar matematika. Kedua, penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas model ini pada tingkat pendidikan yang berbeda, misalnya pada siswa SMP atau SMA, untuk mengetahui apakah hasilnya konsisten. Ketiga, penelitian dapat diperluas dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan model pembelajaran kooperatif lainnya, seperti jigsaw atau STAD, untuk mengidentifikasi model mana yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih komprehensif dalam pengembangan model pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif, serta meningkatkan kualitas pendidikan matematika secara keseluruhan.
| File size | 583.53 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyakPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak
EDUPEDEDUPED Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studi kasus melibatkan empat informan di desa pangelen kec, Sampang. Hasil penelitianMetode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studi kasus melibatkan empat informan di desa pangelen kec, Sampang. Hasil penelitian
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil pengolahan data menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dengan kriteria pengambilan keputusanAnalisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil pengolahan data menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dengan kriteria pengambilan keputusan
UNMUNM Model POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswaModel POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswa
Useful /
UNPARUNPAR Potensi ini mencakup kebaikan hati anggota ASEAN, yang tercermin dalam deklarasi KTT Khusus ASEAN tentang Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19), serta peranPotensi ini mencakup kebaikan hati anggota ASEAN, yang tercermin dalam deklarasi KTT Khusus ASEAN tentang Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19), serta peran
UNPARUNPAR Pandemi COVID-19 tidak lagi menjadi masalah di ranah medis semata, melainkan memicu munculnya konflik-konflik di masyarakat, baik secara horizontal maupunPandemi COVID-19 tidak lagi menjadi masalah di ranah medis semata, melainkan memicu munculnya konflik-konflik di masyarakat, baik secara horizontal maupun
UNPARUNPAR Fenomena ini dapat dijelaskan melalui konsep globalisasi dengan aspek-aspek seperti interconnectedness, mobility, acceleration, dan vulnerability, yangFenomena ini dapat dijelaskan melalui konsep globalisasi dengan aspek-aspek seperti interconnectedness, mobility, acceleration, dan vulnerability, yang
UNPARUNPAR Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalan dan mempertimbangkan praktek-praktek tertentu yang pernah ada. Proses deglobalisasi mengembalikanDeglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalan dan mempertimbangkan praktek-praktek tertentu yang pernah ada. Proses deglobalisasi mengembalikan