UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik scramble dalam pembelajaran literasi dan persepsi siswa serta guru terhadap penggunaan teknik scramble dalam pembelajaran literasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan objek penelitian adalah siswa kelas empat di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia, sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik scramble merupakan alat pedagogis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas empat. Menggabungkan bimbingan terstruktur dengan kegiatan yang menarik dan interaktif meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana dan kepercayaan diri siswa kelas empat di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik scramble merupakan alat pedagogis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas empat.Penerapan teknik ini secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.Penggunaan teknik ini juga menunjukkan potensi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas teknik scramble pada kelompok usia dan tingkat pendidikan yang berbeda, serta pada mata pelajaran lain selain literasi. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran yang terintegrasi dengan teknik scramble, sehingga memudahkan guru dalam mengimplementasikan metode ini di kelas. Ketiga, penting untuk meneliti bagaimana teknik scramble dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan karakteristik siswa yang beragam, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus, untuk memastikan efektivitas pembelajaran yang optimal.
- Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar ips peserta didik di sekolah... jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/64176Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar ips peserta didik di sekolah jurnal uns ac JDDI article view 64176
- 0. endobj xobject procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs saspublishers.com/media/articles/SJAHSS_101_6-8.pdf0 endobj xobject procset text imageb imagec imagei mediabox contents group tabs saspublishers media articles SJAHSS 101 6 8 pdf
- International Social Sciences and Humanities. effects scramble game improving students vocabulary secondary... proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh/article/view/156International Social Sciences and Humanities effects scramble game improving students vocabulary secondary proceeding unmuhjember ac index php issh article view 156
- Improving English Learning Outcomes Using the Scramble Learning Method for Class VII Students of MTs... journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jades/article/view/4789Improving English Learning Outcomes Using the Scramble Learning Method for Class VII Students of MTs journal iainlangsa ac index php jades article view 4789
| File size | 286.95 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA Kombinasi pembelajaran berbasis proyek dan sumber daya online dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna danKombinasi pembelajaran berbasis proyek dan sumber daya online dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan
EDUPEDEDUPED Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. 2 MAN KotaPenelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. 2 MAN Kota
EDUPEDEDUPED 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Hereditas di Masa Pandemi Peserta didik2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Hereditas di Masa Pandemi Peserta didik
UNISLAUNISLA Keberhasilan implementasi aktivitas tersebut bergantung pada kreativitas, imajinasi, dan inovasi guru dalam memvariasikan metode pembelajaran untuk menghindariKeberhasilan implementasi aktivitas tersebut bergantung pada kreativitas, imajinasi, dan inovasi guru dalam memvariasikan metode pembelajaran untuk menghindari
Useful /
UNISLAUNISLA Secara keseluruhan, tingkat kepuasan siswa yang tinggi menyoroti efektivitas kuis daring sebagai alat bantu pendidikan pelengkap. Temuan ini menunjukkanSecara keseluruhan, tingkat kepuasan siswa yang tinggi menyoroti efektivitas kuis daring sebagai alat bantu pendidikan pelengkap. Temuan ini menunjukkan
UNISLAUNISLA Film tersebut mengikuti struktur plot progresif dramatis yang mencakup eksposisi, aksi naik, klimaks, aksi turun, dan penutup tertutup. Analisis ini menunjukkanFilm tersebut mengikuti struktur plot progresif dramatis yang mencakup eksposisi, aksi naik, klimaks, aksi turun, dan penutup tertutup. Analisis ini menunjukkan
EDUPEDEDUPED Pada kondisi awal, kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh berada pada kualifikasi kurangPada kondisi awal, kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh berada pada kualifikasi kurang
EDUPEDEDUPED Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan di Desa Pangelen Kec, Sampang. Metode yang digunakan yaitu instrumental yang metode kualitatif dengan studi