UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPembelajaran Berbasis Proyek Terpadu adalah metode pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran kelas konvensional dengan pembelajaran online dan proyek praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif; tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi dampak Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu dalam meningkatkan pencapaian akademik mahasiswa di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Qamarul Huda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja akademik dan partisipasi serta motivasi mahasiswa. Kombinasi pembelajaran berbasis proyek dan sumber daya online dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan. Data analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu adalah 77,00. Setelah menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, nilai siswa meningkat menjadi 87,00.
Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu menawarkan pendekatan dinamis dan interaktif dalam pendidikan yang mendorong pembelajaran mendalam, berpikir kritis, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan pencapaian akademik siswa.Dengan mengintegrasikan keuntungan pembelajaran berbasis proyek dengan fleksibilitas dan sumber daya pembelajaran terpadu, pendidik dapat merancang pengalaman belajar yang menarik dan efektif yang mendorong keberhasilan siswa.Analisis data menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, rata-rata nilai siswa adalah 77,00, sedangkan setelah penerapan, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87,00.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dikembangkan. Pertama, penelitian dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu terhadap kinerja akademik siswa di berbagai bidang studi. Kedua, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan non-akademik seperti kerja sama dan pemecahan masalah. Ketiga, penelitian dapat mengkaji pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu terhadap motivasi belajar siswa dalam konteks pendidikan jarak jauh, terutama di daerah dengan akses teknologi terbatas. Saran-saran ini bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang potensi dan aplikasi metode pembelajaran ini dalam berbagai situasi pendidikan.
| File size | 270.95 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebutPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media flashcard digital berbasis HTML yang mengikuti model ADDIE dengan lima tahap.media tersebut
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
UNMUNM Siswa yang diajarkan untuk menulis paragraf dengan menggunakan puisi yang mereka buat sendiri menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan denganSiswa yang diajarkan untuk menulis paragraf dengan menggunakan puisi yang mereka buat sendiri menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan
UNMUNM Model POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswaModel POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswa
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest controlPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control
UNDIKSHAUNDIKSHA Banyak guru mengalami penurunan motivasi dan ketidakpuasan karena kurangnya dukungan dari pemimpin sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada kualitasBanyak guru mengalami penurunan motivasi dan ketidakpuasan karena kurangnya dukungan dari pemimpin sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas
UNPARUNPAR Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap UMKM di Indonesia, menyebabkan penurunan kinerja dari sisi permintaan dan suplai, serta ancamanPandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap UMKM di Indonesia, menyebabkan penurunan kinerja dari sisi permintaan dan suplai, serta ancaman
UNPARUNPAR Tulisan ini membahas tentang potensi konflik akibat COVID-19 dengan pendekatan studi konflik dan perdamaian yang dipadukan dengan pendekatan struktural.Tulisan ini membahas tentang potensi konflik akibat COVID-19 dengan pendekatan studi konflik dan perdamaian yang dipadukan dengan pendekatan struktural.