UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu adalah metode pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran kelas konvensional dengan pembelajaran online dan proyek praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif; tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi dampak Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu dalam meningkatkan pencapaian akademik mahasiswa di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Qamarul Huda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja akademik dan partisipasi serta motivasi mahasiswa. Kombinasi pembelajaran berbasis proyek dan sumber daya online dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan. Data analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu adalah 77,00. Setelah menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, nilai siswa meningkat menjadi 87,00.

Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu menawarkan pendekatan dinamis dan interaktif dalam pendidikan yang mendorong pembelajaran mendalam, berpikir kritis, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan pencapaian akademik siswa.Dengan mengintegrasikan keuntungan pembelajaran berbasis proyek dengan fleksibilitas dan sumber daya pembelajaran terpadu, pendidik dapat merancang pengalaman belajar yang menarik dan efektif yang mendorong keberhasilan siswa.Analisis data menunjukkan bahwa sebelum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terpadu, rata-rata nilai siswa adalah 77,00, sedangkan setelah penerapan, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 87,00.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dikembangkan. Pertama, penelitian dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu terhadap kinerja akademik siswa di berbagai bidang studi. Kedua, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan non-akademik seperti kerja sama dan pemecahan masalah. Ketiga, penelitian dapat mengkaji pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu terhadap motivasi belajar siswa dalam konteks pendidikan jarak jauh, terutama di daerah dengan akses teknologi terbatas. Saran-saran ini bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang potensi dan aplikasi metode pembelajaran ini dalam berbagai situasi pendidikan.

  1. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
  2. #mahasiswa bahasa inggris#mahasiswa bahasa inggris
File size270.95 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test