UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini menyelidiki dampak kuis daring terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam mata kuliah bahasa Inggris di sebuah universitas Islam di Jambi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain survei, penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 20 pernyataan positif di seluruh empat tema: kemudahan penggunaan, interaktivitas dan keterlibatan, efektivitas pembelajaran, dan kepuasan pengguna. Sampel terdiri dari 150 siswa yang mengisi survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% responden memberikan umpan balik positif di semua tema. Siswa melaporkan bahwa kuis daring mudah digunakan, menarik, dan secara efektif meningkatkan pemahaman dan retensi mereka terhadap materi kursus. Fitur interaktif, seperti umpan balik instan dan gamifikasi, sangat dihargai karena menjaga motivasi. Secara keseluruhan, tingkat kepuasan siswa yang tinggi menyoroti efektivitas kuis daring sebagai alat bantu pendidikan pelengkap. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan kuis daring ke dalam kurikulum dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan potensi yang lebih luas dari teknologi pendidikan dalam mentransformasi pengalaman belajar dan menekankan perlunya penyempurnaan dan inovasi berkelanjutan dalam alat pembelajaran digital.

Penelitian ini menggarisbawahi dampak positif kuis daring terhadap peningkatan keterlibatan, motivasi, dan efektivitas belajar siswa dalam mata kuliah bahasa Inggris di sebuah universitas Islam di Jambi.Penerimaan positif dari siswa menunjukkan perlunya integrasi alat-alat ini ke dalam kerangka pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik.Investasi dan peningkatan berkelanjutan dalam alat-alat ini dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan relevan bagi siswa.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian longitudinal dapat dilakukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang kuis daring terhadap hasil belajar dan retensi materi. Kedua, penelitian kualitatif melalui wawancara atau diskusi kelompok terfokus dengan siswa dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai pengalaman dan persepsi mereka terhadap kuis daring. Ketiga, perlu dilakukan penelitian yang melibatkan sampel yang lebih luas dari universitas lain untuk menguji generalisasi temuan dan memahami penerapan kuis daring dalam konteks pendidikan yang beragam. Dengan menggabungkan saran-saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif di masa depan.

  1. Pupils’ Motivation and Perceptions on ESL Lessons through Online Quiz-Games | Journal of Education... asianonlinejournals.com/index.php/JEELR/article/view/1932PupilsAo Motivation and Perceptions on ESL Lessons through Online Quiz Games Journal of Education asianonlinejournals index php JEELR article view 1932
  2. A Review of the Literature on the Integration of Technology into the Learning and Teaching of English... doi.org/10.5539/ijel.v7n5p95A Review of the Literature on the Integration of Technology into the Learning and Teaching of English doi 10 5539 ijel v7n5p95
  3. Future English Teachers’ Perspective towards the Implementation of E-Learning in Covid-19 Pandemic... doi.org/10.21462/jeltl.v5i3.448Future English TeachersAo Perspective towards the Implementation of E Learning in Covid 19 Pandemic doi 10 21462 jeltl v5i3 448
  1. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
File size283.02 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test