OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada soal essay penilaian akhir semester mengenai materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas X MPLB - 4 SMK Al Basyariah. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari 7 sampel siswa, ditemukan bahwa pada soal nomor 32 terdapat 6 siswa dengan persentase 18,75% masuk kepada kategori tinggi, 14 siswa dengan persentase 43,75% dalam kategori sedang, serta 12 siswa dengan persentase 37,5% dalam kategori rendah. Selain itu, pada soal nomor 33 terdapat 11 siswa dengan persentase 34,375% masuk kepada kategori tinggi, 20 siswa dengan persentase 62,5% dalam kategori sedang, serta 1 siswa dengan persentase 3,125% dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 di SMK Al Basyariah dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.
Pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 SMK Al Basyariah Bojonggede dalam menyelesaikan soal pokok bahasan persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.Ada batasan dalam metode pengajaran yang fokus pada hafalan rumus dan prosedur, sehingga siswa memiliki pemahaman aljabar dan operasi matematika dasar yang lemah dan kurangnya latihan soal yang bervariasi.
Penelitian dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa untuk memahami dasar konsep aljabar melalui pendekatan kontekstual sebelum mempelajari persamaan kuadrat. Selain itu, penilaian formatif dapat diberikan secara teratur untuk memantau kemajuan pemahaman siswa. Studi lanjutan dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi dalam memvisualisasikan persamaan kuadrat.
| File size | 254.08 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Objek langsung berperan penting dalam membentuk kalimat lengkap dan menyampaikan makna melalui pertanyaan Apa. atau Siapa. Contohnya, dalam kalimat SheObjek langsung berperan penting dalam membentuk kalimat lengkap dan menyampaikan makna melalui pertanyaan Apa. atau Siapa. Contohnya, dalam kalimat She
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkanHasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Peningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajarPeningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajar
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkanInstrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan
Useful /
OJSOJS Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan praktis bagi para karyawan perusahaan dalam melayani pelanggan dengan tingkat keahlianProgram ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan praktis bagi para karyawan perusahaan dalam melayani pelanggan dengan tingkat keahlian
OJSOJS TV Sekolah juga dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan literasi digital anak. Keberadaan TV Sekolah dengan berbagai fitur yang dapat mengeksplorasiTV Sekolah juga dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan literasi digital anak. Keberadaan TV Sekolah dengan berbagai fitur yang dapat mengeksplorasi
OJSOJS Dengan demikian penulis memiliki tujuan yaitu: Memberikan pandangan kepada pemuda/pemudi Kristen tentang makna ibadah, Agar pemuda-pemudi meningkatkanDengan demikian penulis memiliki tujuan yaitu: Memberikan pandangan kepada pemuda/pemudi Kristen tentang makna ibadah, Agar pemuda-pemudi meningkatkan
OJSOJS Tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, kurikulum yang tidak fleksibel, dan persepsi masyarakat yang belum mendukung memerlukan komitmen dan kerjaTantangan seperti kurangnya pelatihan guru, kurikulum yang tidak fleksibel, dan persepsi masyarakat yang belum mendukung memerlukan komitmen dan kerja