OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPendidikan inklusif adalah paradigma pendidikan yang mempromosikan aksesibilitas, kesetaraan, dan penerimaan terhadap keberagaman dalam lingkungan belajar. Studi ini membahas konsep dasar dan prinsip-prinsip pendidikan inklusif, pentingnya kinerja guru dalam implementasi efektifnya, serta tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan pendekatan ini di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami bagaimana pendekatan pembelajaran inklusif mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konseptual tentang . Diskusi meliputi strategi-strategi kunci seperti diferensiasi pengajaran, kolaborasi tim, integrasi teknologi, dan penilaian formatif yang mendukung kinerja guru dalam mengelola kelas yang heterogen. Penggunaan teknologi sebagai alat bantu dalam memfasilitasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa menjadi fokus utama, sementara pendekatan kolaboratif antara guru, spesialis pendidikan khusus, dan orang tua memberikan landasan kuat dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Pengembangan pendidikan inklusif meliputi pelatihan yang berkelanjutan bagi guru, pendekatan pembelajaran yang adaptif, dan dukungan yang kuat dari lembaga pendidikan serta masyarakat. Dengan implementasi yang tepat, pendidikan inklusif tidak hanya menguntungkan siswa dengan kebutuhan khusus, tetapi juga meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan dengan memaksimalkan potensi setiap individu dalam lingkungan belajar yang mendukung dan inklusif.
Pendidikan inklusif menempatkan keberagaman sebagai kekuatan yang memperkaya proses belajar dengan menghormati dan mengakomodasi perbedaan siswa, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan inklusif bagi semua.Tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, kurikulum yang tidak fleksibel, dan persepsi masyarakat yang belum mendukung memerlukan komitmen dan kerja sama dari semua pihak.Namun, dengan strategi seperti diferensiasi pengajaran, kolaborasi tim, penggunaan teknologi, dan pelatihan profesional berkelanjutan, guru dapat meningkatkan kinerjanya dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi seluruh siswa.
Pertama, perlu penelitian lanjutan yang mengkaji efektivitas model pelatihan guru berbasis komunitas sekolah dalam meningkatkan keterampilan implementasi pembelajaran inklusif secara praktis di kelas. Kedua, diperlukan studi tentang bagaimana kurikulum nasional dapat dimodifikasi secara lokal agar lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa yang beragam dalam konteks sekolah dasar inklusif. Ketiga, perlu eksplorasi mendalam mengenai persepsi orang tua siswa reguler terhadap pembelajaran inklusif dan bagaimana komunikasi sekolah dapat dirancang untuk meningkatkan dukungan mereka. Penelitian-penelitian ini dapat membantu membangun sistem pendidikan inklusif yang tidak hanya ideal secara teori, tetapi juga dapat dijalankan secara efektif dalam kondisi nyata. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan guru, adaptasi kurikulum, dan partisipasi orang tua, maka kebijakan pendidikan dapat dirancang lebih tepat sasaran. Selain itu, pendekatan kolaboratif antar stakeholder perlu dikaji lebih jauh untuk menemukan model sinergi yang paling efisien. Fokus pada aspek-aspek non-akademik seperti dukungan emosional dan budaya sekolah juga penting untuk diteliti. Hasil dari penelitian semacam ini akan memberikan panduan konkret bagi sekolah dalam membangun ekosistem pendidikan inklusif yang berkelanjutan. Upaya ini pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja guru sekaligus memastikan kualitas pendidikan yang adil dan bermakna bagi semua siswa. Penelitian lanjutan harus mampu menjembatani kesenjangan antara konsep inklusi dan realitas lapangan yang kompleks.
- Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru | Attractive : Innovative Education... attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/70Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Attractive Innovative Education attractivejournal index php aj article view 70
- One moment, please.... moment please wait request verified journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/19505One moment please moment please wait request verified journal lppmunindra ac index php RDJE article view 19505
- Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar... doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4191Pengaruh Kepemimpinan Pelayan Budaya Sekolah Disiplin Guru dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar doi 10 54371 jiip v7i4 4191
- Dampak Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Kinerja Guru dengan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai... doi.org/10.54371/jiip.v5i8.784Dampak Pelatihan dan Pendidikan terhadap Tingkat Kinerja Guru dengan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai doi 10 54371 jiip v5i8 784
| File size | 156.2 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami perubahan dalam penyelesaian masalah, khususnya masalahTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami perubahan dalam penyelesaian masalah, khususnya masalah
KEMENSOSKEMENSOS Teman tuli merespon positif terhadap konten yang disediakan, dan merasa lebih mudah dalam mengakses informasi yang relevan. Penelitian ini memberikan kontribusiTeman tuli merespon positif terhadap konten yang disediakan, dan merasa lebih mudah dalam mengakses informasi yang relevan. Penelitian ini memberikan kontribusi
OJSOJS Tidak lepas dari peranan guru dalam kegiatan literasi, ada beberapa strategi yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini yaitu, Membaca 15 menit, sekolahTidak lepas dari peranan guru dalam kegiatan literasi, ada beberapa strategi yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini yaitu, Membaca 15 menit, sekolah
OJSOJS Salah satunya adalah pemanfaatan kelas virtual dalam TV Sekolah. Pemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapatSalah satunya adalah pemanfaatan kelas virtual dalam TV Sekolah. Pemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapat
Useful /
OJSOJS Sehingga ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan moral diantaranya pendidikan agama dan pendidikan formal untuk keberlangsunganSehingga ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan moral diantaranya pendidikan agama dan pendidikan formal untuk keberlangsungan
OJSOJS Objek langsung dalam tata bahasa Inggris menengah adalah kata benda, frasa kata benda, atau kata ganti yang menerima aksi dari kata kerja transitif. ObjekObjek langsung dalam tata bahasa Inggris menengah adalah kata benda, frasa kata benda, atau kata ganti yang menerima aksi dari kata kerja transitif. Objek
OJSOJS Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai implementasi Total Quality Management di SDIT Alkarima Kubu Raya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut(Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai implementasi Total Quality Management di SDIT Alkarima Kubu Raya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut(
OJSOJS Investasi dalam pasar modal dapat dilakukan dalam bentuk saham, valas (mata uang asing), atau emas. Investasi dalam bentuk saham paling banyak diminatiInvestasi dalam pasar modal dapat dilakukan dalam bentuk saham, valas (mata uang asing), atau emas. Investasi dalam bentuk saham paling banyak diminati