OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana guru mengajar dengan memperhatikan kemampuannya sebagai pengajar serta perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang proses belajar-mengajar sebagai pengumpulan data untuk keperluan evaluasi pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah 254 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis nilai hasil ulangan tengah semester. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung di sekolah tempat penelitian dilakukan. Teknik analisis data menggunakan Statistik Proses Kontrol, seperti peta kendali x̅ chart, R chart, dan Proses Kapabilitas (Cpl). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan sesuai rencana yang ditetapkan, sehingga tidak menghasilkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, dari hasil observasi lapangan, terlihat bahwa guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, sehingga perilaku siswa cenderung pasif.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan sesuai rencana, sehingga tidak menghasilkan luaran berupa hasil belajar siswa yang diharapkan.Observasi lapangan mengungkapkan bahwa guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, menyebabkan perilaku siswa menjadi pasif.Temuan tambahan menunjukkan bahwa kelas dengan nilai rata-rata tinggi merupakan kelas unggulan yang mendapatkan pelajaran tambahan, yang mengindikasikan perbedaan porsi belajar antar kelas.

Berdasarkan temuan penelitian, perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai efektivitas metode pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMP. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan model pembelajaran yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip Statistik Proses Kontrol (SPC) untuk memantau dan mengendalikan kualitas proses belajar mengajar secara berkelanjutan. Selain itu, penting untuk meneliti lebih dalam mengenai pengaruh pelajaran tambahan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, termasuk bagaimana pemerataan akses terhadap sumber belajar tambahan dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru tentang bagaimana pendekatan SPC dapat diadaptasi dan diterapkan secara efektif dalam konteks pendidikan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengatasi permasalahan seperti kurangnya interaktivitas dan pasivitas siswa.

  1. SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL | Habe | Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. sistem pendidikan... doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL Habe Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis sistem pendidikan doi 10 24967 ekombis v2i1 48
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size389.52 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test