OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana guru mengajar dengan memperhatikan kemampuannya sebagai pengajar serta perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang proses belajar-mengajar sebagai pengumpulan data untuk keperluan evaluasi pembelajaran. Sampel penelitian ini adalah 254 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis nilai hasil ulangan tengah semester. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung di sekolah tempat penelitian dilakukan. Teknik analisis data menggunakan Statistik Proses Kontrol, seperti peta kendali x̅ chart, R chart, dan Proses Kapabilitas (Cpl). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan sesuai rencana yang ditetapkan, sehingga tidak menghasilkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, dari hasil observasi lapangan, terlihat bahwa guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, sehingga perilaku siswa cenderung pasif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan sesuai rencana, sehingga tidak menghasilkan luaran berupa hasil belajar siswa yang diharapkan.Observasi lapangan mengungkapkan bahwa guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif, menyebabkan perilaku siswa menjadi pasif.Temuan tambahan menunjukkan bahwa kelas dengan nilai rata-rata tinggi merupakan kelas unggulan yang mendapatkan pelajaran tambahan, yang mengindikasikan perbedaan porsi belajar antar kelas.
Berdasarkan temuan penelitian, perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai efektivitas metode pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SMP. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan model pembelajaran yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip Statistik Proses Kontrol (SPC) untuk memantau dan mengendalikan kualitas proses belajar mengajar secara berkelanjutan. Selain itu, penting untuk meneliti lebih dalam mengenai pengaruh pelajaran tambahan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, termasuk bagaimana pemerataan akses terhadap sumber belajar tambahan dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru tentang bagaimana pendekatan SPC dapat diadaptasi dan diterapkan secara efektif dalam konteks pendidikan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengatasi permasalahan seperti kurangnya interaktivitas dan pasivitas siswa.
| File size | 389.52 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kelas pada pembelajaran PPKn di SDK Liang Bua dan untuk mengetahui strategi pengelolaanPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kelas pada pembelajaran PPKn di SDK Liang Bua dan untuk mengetahui strategi pengelolaan
OJSOJS Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di SD.Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di SD.
EDUPEDEDUPED Peningkatan ini terlihat dari indikator kemampuan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan perhitungan, dan menyimpulkanPeningkatan ini terlihat dari indikator kemampuan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan perhitungan, dan menyimpulkan
EDUPEDEDUPED 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Hereditas di Masa Pandemi Peserta didik2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Hereditas di Masa Pandemi Peserta didik
Useful /
OJSOJS menjadi kurang informatif tanpa adjunct seperti brilliantly yang menjelaskan cara tarian tersebut dilakukan. Secara keseluruhan, meskipun adjunct tidakmenjadi kurang informatif tanpa adjunct seperti brilliantly yang menjelaskan cara tarian tersebut dilakukan. Secara keseluruhan, meskipun adjunct tidak
EDUPEDEDUPED Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Bentuk penelitian yangTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Bentuk penelitian yang
EDUPEDEDUPED Penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaranPenelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
EDUPEDEDUPED Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note WhatsApp sebagai media pembelajaran jarak jauh.