OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas guru yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDK Liang Bua, yang berlokasi di Teras, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kelas pada pembelajaran PPKn di SDK Liang Bua dan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas SDK Liang Bua pada mata pelajaran PPKn? (2) Apa saja faktor penghambat dan penunjang yang dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn kelas SDK Liang Bua? Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan kelas di SDK Liang Bua, guru menghadapi berbagai faktor pendukung dan penghambat yang signifikan. Salah satu faktor pendukung adalah adanya ruangan kelas yang memadai. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya dukungan administrasi dari pihak sekolah. Keterbatasan ini mempengaruhi ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran, seperti bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang memadai. Akibatnya, pemahaman materi oleh siswa dapat terpengaruh karena kurangnya fasilitas dan dukungan yang memadai untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan interaktif di kelas.

Guru SDK Liang Bua melakukan perencanaan pembelajaran secara sistematis dengan merancang RPP yang spesifik, memilih metode tepat, dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran dengan kebutuhan siswa.Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi seperti pengaturan tempat duduk berbentuk U dan penggunaan bahasa lokal untuk memfasilitasi pemahaman.Evaluasi dilakukan melalui tes, kuis, dan diskusi kelompok secara kolaboratif.Faktor pendukung meliputi penggunaan media pembelajaran variatif dan keterampilan komunikasi guru, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan sumber daya dan kurangnya dukungan administrasi sekolah.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan kelas di sekolah dengan keterbatasan sumber daya untuk mengevaluasi dampaknya terhadap keaktifan belajar siswa. Selain itu, perlu dikembangkan pelatihan khusus bagi guru dalam merancang strategi pengelolaan kelas yang adaptif dengan konteks lokal, termasuk penggunaan bahasa daerah dan metode partisipatif. Penelitian juga dapat mengeksplorasi peran komunitas lokal dalam mendukung penyediaan sumber belajar alternatif untuk mengatasi keterbatasan fasilitas sekolah, serta menguji efektivitas pendekatan kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua dalam meningkatkan partisipasi aktif di kelas.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size143.97 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test