OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Keimaimpuain komunikasi paidai ainaik usiai dini meirupaikain hail painting yaing hairus dibaingun. Kaireinai keimaimpuain ini aikain beirpeingairuh paidai sosiail eimosi ainaik. Keimaimpuain komunikasi meirupaikain sailaih saitu peirkeimbaingain ainaik dailaim domaiin beirpikir yaiitu peirkeimbaingain baihaisai. Peingairuh duniai digitail meinjaidi sailaih saitu peinghaimbait peirkeimbaingain baihaisai paidai ainaik, jikai tidaik dilaikukain deingain sisteimaitik dain teirairaih. Aipailaigi jikai ainaik dibiairkain tainpai peindaimpingain dairi oraing deiwaisai dain jugai meidiai yaing ditonton meinaimpilkain maiteiri yaing tidaik seisuaii deingain taihaip tumbuh keimbaing ainaik. Naimun, saiait ini sudaih haidir keilais virtuail tv seikolaih yaing digaigais oleih ibu Sri Waitini, yaing bisai diaikseis oleih guru, ainaik dain oraing tuai seihinggai ainaik bisai meindaipait peindaimpingain dailaim peinggunaiain laiyair digitail dain meimuait maiteiri yaing bisai meimbaingun seitiaip taihaip peirkeimbaingain ainaik. Peineilitiain ini dilaikukain untuk meingeitaihui aipaikaih keilais virtuail TV seikolaih bisai meiningkaitkain keimaimpuain komunikasi paidai ainaik. Deingain meitodei kuailitaitif deiskriptif. Peineiliti meinggunaikain guru dairi beirbaigaii leimbaigai seikolaih seibaigaii informain, seidaingkain teiknik peingumpulain daitai dilaikukain meilailui waiwaincairai dain dokumeintaisi. Dairi haisil peineilitiain ini didaipaitkain baihwai keilais Vistuail TV Seikolaih daipait meiningkaitkain keimaimpuain komunikasi ainaik usiai dini deingain aidainyai peirain aiktif dairi oraing tuai seibaigaii peindaimping, guru seibaigaii opeiraitor dain aidainyai maiteiri yaing disaimpaiikain meilailui videio seirtai aidainyai komunikaisi duai airaih aintairai guru dain ainaik.

Kelas Virtual TV Sekolah terbukti meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.Interaksi aktif antara murid, guru, dan orang tua serta materi yang disampaikan memperkaya kosakata, cara berbicara, dan artikulasi kalimat anak.Diperlukan SOP khusus untuk menyesuaikan durasi kelas virtual dengan kemampuan anak sesuai usianya.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana pengaruh variasi durasi sesi kelas virtual terhadap perkembangan kemampuan linguistik anak usia dini, dengan membandingkan kelompok yang mengikuti sesi singkat (15 menit) versus sesi lebih panjang (30 menit). Selain itu, perlu dianalisis efektivitas integrasi elemen gamifikasi dalam kelas virtual TV Sekolah untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi anak, melalui studi eksperimental yang menguji perbedaan hasil komunikasi antara kelas dengan dan tanpa unsur permainan interaktif. Selanjutnya, penelitian longitudinal dapat mengevaluasi dampak jangka panjang penggunaan kelas virtual TV Sekolah terhadap kemampuan komunikasi sosial anak, melacak perkembangan mereka selama dua tahun belajar formal. Penelitian juga dapat mengeksplorasi peran keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran virtual, dengan menguji apakah pelatihan khusus bagi orang tua meningkatkan kualitas dukungan yang diberikan dan pada gilirannya mempengaruhi kemampuan komunikasi anak. Akhirnya, studi komparatif antara kelas virtual TV Sekolah dan platform pembelajaran digital lainnya dapat mengidentifikasi faktor‑faktor kunci yang membuat satu platform lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi komunikasi anak usia dini.

  1. | Emelda | Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI). emelda jurnal nasional komputasi... doi.org/10.32672/jnkti.v7i1.7367Emelda Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi JNKTI emelda jurnal nasional komputasi doi 10 32672 jnkti v7i1 7367
  2. Manfaat Media Digital Kelas Virtual TV Sekolah Bagi Pengembangan Belajar IT Anak Usia Dini di TK Al Iman... doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3877Manfaat Media Digital Kelas Virtual TV Sekolah Bagi Pengembangan Belajar IT Anak Usia Dini di TK Al Iman doi 10 54371 jiip v7i4 3877
  3. Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara... doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara doi 10 54371 jiip v5i2 478
  4. Implementasi TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Digital pada TK Negeri Pembina Wundulako | JIIP -... jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2095Implementasi TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Digital pada TK Negeri Pembina Wundulako JIIP jiip stkipyapisdompu ac jiip index php JIIP article view 2095
File size444.71 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test