OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan kelas virtual TV Sekolah sebagai media pembelajaran berbasis IT di TK Ceria Eduloka. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kelas virtual TV Sekolah memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran di TK Ceria Eduloka. Kelas virtual ini memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara real-time melalui video conference, sehingga pembelajaran dapat berlangsung meskipun secara jarak jauh. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia seperti papan tulis digital, perpustakaan digital, dan ruang diskusi memfasilitasi penyampaian materi dan diskusi secara interaktif. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kualitas jaringan internet dan keterbatasan penguasaan teknologi oleh beberapa guru dan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelas virtual TV Sekolah merupakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis IT yang dapat diterapkan pada Lembaga Taman Kanak-Kanak seperti dalam penelitian ini yang dilakukan di TK Ceria Eduloka dengan catatan perlu adanya peningkatan infrastruktur dan pelatihan bagi guru dan siswa.
Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa kelas virtual TV Sekolah dapat diimplementasikan secara efektif di TK Ceria Eduloka sejak awal pandemi COVID‑19, memberikan solusi pembelajaran jarak jauh yang mendukung kontinuitas pendidikan.Namun, kendala utama berupa kualitas jaringan internet yang tidak stabil serta rendahnya kompetensi digital guru dan siswa menghambat optimalisasi penggunaan platform.Oleh karena itu, diperlukan peningkatan infrastruktur teknologi serta program pelatihan yang terstruktur untuk memastikan manfaat maksimal kelas virtual dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana peningkatan kualitas jaringan internet memengaruhi efektivitas pembelajaran melalui kelas virtual TV Sekolah pada anak usia dini, dengan menguji perbandingan hasil belajar antara lingkungan dengan infrastruktur yang optimal dan yang terbatas. Selanjutnya, penting untuk merancang dan menguji program pelatihan digital yang ditujukan bagi guru dan siswa, guna meningkatkan kompetensi teknologi mereka serta mengevaluasi dampaknya terhadap interaksi dan hasil belajar dalam kelas virtual. Terakhir, studi dapat dikembangkan untuk memanfaatkan analitik pembelajaran adaptif dalam platform kelas virtual, meneliti bagaimana personalisasi konten berdasarkan data perilaku anak dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pencapaian akademik pada pendidikan anak usia dini.
- Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia... doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2476Implementasi Fitur Kelas Virtual TVSekolah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial pada Anak Usia doi 10 35473 ijec v5i1 2476
- Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa | JIIP - Jurnal Ilmiah... doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa JIIP Jurnal Ilmiah doi 10 54371 jiip v5i3 485
- Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa... doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa doi 10 31004 basicedu v5i6 1636
| File size | 477.93 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Penelitian ini mengkaji peran guru, tantangan yang dihadapi, dan tanggapan orang tua terkait implementasi Kelas Virtual TV Sekolah. Hasil kajian literaturPenelitian ini mengkaji peran guru, tantangan yang dihadapi, dan tanggapan orang tua terkait implementasi Kelas Virtual TV Sekolah. Hasil kajian literatur
OJSOJS Untuk kelas kontrol pada nilai pre-test yaitu 48,611 dan nilai post-testnya 72,778. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata nilai sebesar 31,13%Untuk kelas kontrol pada nilai pre-test yaitu 48,611 dan nilai post-testnya 72,778. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata nilai sebesar 31,13%
OJSOJS Era ini menekankan fleksibilitas, sensitivitas kontekstual, dan integrasi aspek komunikatif dan fungsional bahasa, yang sangat penting untuk pengajaranEra ini menekankan fleksibilitas, sensitivitas kontekstual, dan integrasi aspek komunikatif dan fungsional bahasa, yang sangat penting untuk pengajaran
OJSOJS Melalui contoh empiris dan wawasan teoretis, studi ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman mengenai fungsi sintaksis adjunct dan peran pentingnya dalamMelalui contoh empiris dan wawasan teoretis, studi ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman mengenai fungsi sintaksis adjunct dan peran pentingnya dalam
Useful /
OJSOJS Penelitian ini menegaskan bahwa penguasaan lima pola kalimat—Subjek‑Verba, Subjek‑Verba‑Objek, Subjek‑Verba‑Komplement, Subjek‑Verba‑Linking‑Verb‑Komplement,Penelitian ini menegaskan bahwa penguasaan lima pola kalimat—Subjek‑Verba, Subjek‑Verba‑Objek, Subjek‑Verba‑Komplement, Subjek‑Verba‑Linking‑Verb‑Komplement,
OJSOJS Untuk mengumpulkan data, observasi keaktifan siswa dan tes pencapaian belajar digunakan untuk mengumpulkan data. Data kemudian dianalisis menggunakan uji-tUntuk mengumpulkan data, observasi keaktifan siswa dan tes pencapaian belajar digunakan untuk mengumpulkan data. Data kemudian dianalisis menggunakan uji-t
OJSOJS Penelitian ini dimulai dengan membuat kuis. Kuis dibuat dengan menggunakan media google form. Peneliti memilih media google form dikarenakan memiliki tingkatPenelitian ini dimulai dengan membuat kuis. Kuis dibuat dengan menggunakan media google form. Peneliti memilih media google form dikarenakan memiliki tingkat
OJSOJS Pendidikan adab sopan santun bertujuan membentuk karakter siswa agar menjadi generasi yang beriman, bertakwa, dewasa, mandiri, kreatif, dinamis, dan berakhlakPendidikan adab sopan santun bertujuan membentuk karakter siswa agar menjadi generasi yang beriman, bertakwa, dewasa, mandiri, kreatif, dinamis, dan berakhlak