OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tahapan penting dalam perkembangan anak, mencakup aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Untuk mencapai kualitas pendidikan PAUD yang optimal, guru memiliki peran kunci dalam mengelola kelas dan memanfaatkan teknologi. Penggunaan Kelas Virtual dan TV Sekolah telah menjadi strategi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran, terutama di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini mengkaji peran guru, tantangan yang dihadapi, dan tanggapan orang tua terkait implementasi Kelas Virtual TV Sekolah. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam merancang, mengatur, dan mengelola interaksi siswa melalui teknologi. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi digital yang memadai dan kemampuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. TV Sekolah sebagai media pembelajaran berbasis televisi mobile menawarkan solusi efektif untuk meningkatkan kreativitas guru dan memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah pada lembaga PAUD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membantu guru meningkatkan kreativitasnya dalam merencanakan, menyusun, dan mewujudkan materi pembelajaran.Guru dapat menggunakan TV Sekolah untuk menyajikan materi dalam bentuk video, presentasi, dan diskusi online, serta memiliki strategi yang bervariasi dalam mengembangkan materi pembelajaran.Dengan demikian, penerapan Kelas Virtual TV Sekolah dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kreativitas guru dalam mengajar.

Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah menginvestigasi efektivitas penggunaan Kelas Virtual TV Sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital anak usia dini, mengingat pentingnya keterampilan ini di era digital. Selanjutnya, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pelatihan yang lebih komprehensif bagi guru PAUD dalam mengintegrasikan teknologi, khususnya Kelas Virtual TV Sekolah, ke dalam kurikulum pembelajaran mereka, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tantangan spesifik yang dihadapi guru. Terakhir, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penggunaan Kelas Virtual TV Sekolah terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini, serta peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak di rumah melalui platform virtual ini, dengan tujuan memberikan rekomendasi yang lebih terarah bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan PAUD yang berkelanjutan.

  1. #guru paud#guru paud
File size346.08 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test