OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tahapan penting dalam perkembangan anak, mencakup aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Untuk mencapai kualitas pendidikan PAUD yang optimal, guru memiliki peran kunci dalam mengelola kelas dan memanfaatkan teknologi. Penggunaan Kelas Virtual dan TV Sekolah telah menjadi strategi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran, terutama di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini mengkaji peran guru, tantangan yang dihadapi, dan tanggapan orang tua terkait implementasi Kelas Virtual TV Sekolah. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam merancang, mengatur, dan mengelola interaksi siswa melalui teknologi. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi digital yang memadai dan kemampuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. TV Sekolah sebagai media pembelajaran berbasis televisi mobile menawarkan solusi efektif untuk meningkatkan kreativitas guru dan memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah pada lembaga PAUD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membantu guru meningkatkan kreativitasnya dalam merencanakan, menyusun, dan mewujudkan materi pembelajaran.Guru dapat menggunakan TV Sekolah untuk menyajikan materi dalam bentuk video, presentasi, dan diskusi online, serta memiliki strategi yang bervariasi dalam mengembangkan materi pembelajaran.Dengan demikian, penerapan Kelas Virtual TV Sekolah dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kreativitas guru dalam mengajar.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah menginvestigasi efektivitas penggunaan Kelas Virtual TV Sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital anak usia dini, mengingat pentingnya keterampilan ini di era digital. Selanjutnya, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pelatihan yang lebih komprehensif bagi guru PAUD dalam mengintegrasikan teknologi, khususnya Kelas Virtual TV Sekolah, ke dalam kurikulum pembelajaran mereka, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tantangan spesifik yang dihadapi guru. Terakhir, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penggunaan Kelas Virtual TV Sekolah terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini, serta peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak di rumah melalui platform virtual ini, dengan tujuan memberikan rekomendasi yang lebih terarah bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan PAUD yang berkelanjutan.
| File size | 346.08 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi mahasiswa dengan pelaku UMKM dapat menghasilkan transformasi usaha yang relevan, terjangkau, dan berkelanjutan,Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi mahasiswa dengan pelaku UMKM dapat menghasilkan transformasi usaha yang relevan, terjangkau, dan berkelanjutan,
UBUB Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru PAUD Dadali dalam membuat infografis sebagaiKegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru PAUD Dadali dalam membuat infografis sebagai
OJSOJS Dalam perkawinan, perceraian merupakan suatu peristiwa yang kadang tidak dapat dihindarkan oleh pasangan setelah menikah, baik mereka yang baru saja menikahDalam perkawinan, perceraian merupakan suatu peristiwa yang kadang tidak dapat dihindarkan oleh pasangan setelah menikah, baik mereka yang baru saja menikah
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Berdasarkan permasalahan tersebut, muncul pertanyaan penelitian berupa: apa peran kompetensi sosial guru PAI dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT InsanBerdasarkan permasalahan tersebut, muncul pertanyaan penelitian berupa: apa peran kompetensi sosial guru PAI dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT Insan
Useful /
EJGTAEJGTA Untuk pasangan bilangan bulat positif a, b ≥ 3 dengan a ≤ b, terdapat graf dengan angka radial Steiner a dan angka radial Steiner graf garisnya b.Untuk pasangan bilangan bulat positif a, b ≥ 3 dengan a ≤ b, terdapat graf dengan angka radial Steiner a dan angka radial Steiner graf garisnya b.
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Analisis kami mengungkapkan bagaimana konsep inti dari setiap tradisi—termasuk pembuatan makna simbolis, konsekuensi praktis komunikasi, dan representasiAnalisis kami mengungkapkan bagaimana konsep inti dari setiap tradisi—termasuk pembuatan makna simbolis, konsekuensi praktis komunikasi, dan representasi
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Temuan mengungkapkan bahwa Big Brother Titans memiliki dampak signifikan terhadap pola langganan kabel pelanggan GOTV di Uyo. Mayoritas responden melaporkanTemuan mengungkapkan bahwa Big Brother Titans memiliki dampak signifikan terhadap pola langganan kabel pelanggan GOTV di Uyo. Mayoritas responden melaporkan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika guru dalam membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika guru dalam membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah