SALNESIASALNESIA

Jurnal Abmas Negeri (JAGRI)Jurnal Abmas Negeri (JAGRI)

Penulisan akademik merupakan kompetensi penting bagi mahasiswa dalam menunjang keberhasilan studi dan pengembangan keilmuan. Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah pengelolaan referensi yang tepat dan sistematis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley kepada mahasiswa Universitas Muslim Maros khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan guna meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola referensi ilmiah. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom pada tanggal 12 Mei 2025 pukul 10.00 WITA dengan jumlah pendaftar sebanyak 133 orang. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa sekitar 93,4% peserta menyatakan bahwa mereka memperoleh keterampilan baru yang sangat berguna untuk menyusun tugas akhir dan karya ilmiah lainnya. Pelatihan ini berkontribusi pada peningkatan literasi akademik digital mahasiswa FKIP Universitas Muslim Maros melalui penguasaan aplikasi manajemen referensi.

Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley yang dilaksanakan secara daring terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital dan keterampilan penulisan akademik mahasiswa, sebagaimana tercermin dari hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa 93,4% peserta memperoleh keterampilan baru yang bermanfaat dalam penyusunan tugas akhir.Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya manajemen referensi yang sistematis dan penggunaan teknologi akademik.Oleh karena itu, pelatihan serupa perlu dikembangkan menjadi program berkelanjutan yang dapat memperkuat budaya akademik berbasis digital di lingkungan perguruan tinggi.

Pertama, perlu dikembangkan penelitian tentang dampak jangka panjang pelatihan Mendeley terhadap kualitas skripsi mahasiswa setelah mereka menyelesaikan studi, untuk melihat apakah keterampilan yang diperoleh benar-benar dipertahankan dan diterapkan secara konsisten. Kedua, dapat dilakukan studi komparatif mengenai efektivitas berbagai aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, dan EndNote dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia, agar institusi bisa memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen. Ketiga, dapat diinisiasi penelitian tentang integrasi pelatihan literasi digital ke dalam kurikulum tetap program studi, untuk mengevaluasi bagaimana pelatihan seperti ini bisa menjadi bagian struktural dari pembelajaran akademik, bukan hanya kegiatan insidental, sehingga penguatan kompetensi penulisan ilmiah berlangsung secara berkelanjutan dan merata bagi seluruh mahasiswa.

  1. Fenomena plagiarisme akademik di era digital | Publishing Letters. fenomena plagiarisme akademik digital... publetter.id/index.php/publetter/article/view/23Fenomena plagiarisme akademik di era digital Publishing Letters fenomena plagiarisme akademik digital publetter index php publetter article view 23
  2. Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Artificial Intelligence Quillbot dalam Mengatasi Plagiarisme dan... Doi.Org/10.37329/Cetta.V7i1.3153Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Artificial Intelligence Quillbot dalam Mengatasi Plagiarisme dan Doi Org 10 37329 Cetta V7i1 3153
  3. Pendampingan Pelatihan Literasi Digital Dalam Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Di STIKES Mayapada... Doi.Org/10.54065/IPMAS.4.1.2024.488Pendampingan Pelatihan Literasi Digital Dalam Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Di STIKES Mayapada Doi Org 10 54065 IPMAS 4 1 2024 488
  4. Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar | Attadrib:... jurnal.insida.ac.id/index.php/attadrib/article/view/586Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar Attadrib jurnal insida ac index php attadrib article view 586
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size882.44 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test