OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini mengkaji peran fungsional frasa—terutama frasa nomina (NP), frasa verba (VP), frasa adjektiva (AdjP), frasa adverbia (AdvP), dan frasa preposisional (PrepP)—dalam bahasa modern. Studi ini meneliti frasa-frasa ini dalam konteks wacana digital, menyoroti pentingnya dalam menyampaikan makna dan memfasilitasi komunikasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tipe frasa ini berfungsi dan berinteraksi dalam teks digital, seperti postingan media sosial, blog, dan forum online. Menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini melibatkan pengumpulan dan analisis berbagai teks digital, dengan fokus pada identifikasi dan kategorisasi NP, VP, AdjP, AdvP, dan PrepP. Hasil penelitian mengungkapkan pola-pola berbeda dalam penggunaan frasa-frasa ini, yang mengindikasikan peran mereka yang bervariasi dalam berbagai jenis komunikasi digital. Frasa nomina didominasi untuk identifikasi subjek, frasa verba untuk penggambaran tindakan, frasa adjektiva untuk detail deskriptif, frasa adverbia untuk informasi kontekstual, dan frasa preposisional untuk konteks spasial dan relasional. Studi ini menyimpulkan bahwa pemahaman komprehensif tentang peran fungsional frasa-frasa ini sangat penting bagi para linguis, pendidik, dan profesional komunikasi digital.

Studi ini menyoroti sifat penggunaan frasa yang multifaset dan kontekstual dalam wacana digital, mencerminkan prinsip-prinsip era pasca-metode dalam pengajaran bahasa.Era ini menekankan fleksibilitas, sensitivitas kontekstual, dan integrasi aspek komunikatif dan fungsional bahasa, yang sangat penting untuk pengajaran bahasa yang efektif di era digital saat ini.Dengan memahami peran fungsional ini, pendidik dapat mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif yang selaras dengan penggunaan bahasa dunia nyata, meningkatkan kompetensi komunikatif dan kemampuan beradaptasi peserta didik.

Berdasarkan temuan ini, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana perkembangan teknologi komunikasi baru memengaruhi penggunaan frasa dalam wacana digital. Selain itu, penelitian dapat menyelidiki perbedaan penggunaan frasa di berbagai platform media sosial dan kelompok demografis. Terakhir, penelitian dapat menguji efektivitas metode pengajaran yang berfokus pada pemahaman peran fungsional frasa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik.

File size134.6 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test