INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) merupakan metode desain instruksional yang digunakan oleh banyak dosen untuk membuat pengalaman belajar lebih efisien dan bermakna. PBL menekankan dosen untuk memfasilitasi pembelajaran kolaboratif. Mereka secara konvensional memainkan peran kecil dalam proses penilaian secara formal. Peer-assessment dan self-assessment adalah metode yang paling sering digunakan oleh dosen dalam penilaian di PBL. Makalah ini menyajikan penerimaan pengujian terhadap alat berbasis komputer untuk peer-assessment dan self-assessment dalam metode pendekatan PBL, yang disebut Alat bantu Komputer untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (CAPBLAT). Dimana alat ini dirancang untuk membantu dosen melakukan pengajaran dengan metode PBL dan membantu menilai mahasiswa dalam proses belajarnya. Sebanyak empat puluh mahasiswa berpartisipasi dalam uji alat ini. Selama penelitian, kuesioner diberikan kepada mahasiswa. Hasil mengenai penerimaan alat penilaian menunjukkan bahwa menggunakan CAPBLAT dalam proses penilaian PBL mendapat penerimaan yang lebih baik dari dosen maupun dari mahasiswa.
Dalam penelitian ini, sebuah alat berbasis komputer untuk penilaian PBL (CAPBLAT) dikembangkan.Alat ini dirancang untuk membantu dosen dalam proses pengajaran PBL dan menilai kemajuan belajar mahasiswa.Hasil studi menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan umpan balik positif terhadap penggunaan CAPBLAT, menyatakan bahwa alat ini berguna, mudah digunakan, dan mereka memiliki sikap positif terhadap penggunaannya.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan CAPBLAT dengan menambahkan fitur-fitur baru seperti analisis prediktif untuk memprediksi kinerja mahasiswa berdasarkan data historis. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas CAPBLAT dalam berbagai konteks pembelajaran, termasuk pembelajaran jarak jauh. Terakhir, penelitian dapat fokus pada pengembangan alat yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses penilaian diri dan penilaian sejawat.
| File size | 608.42 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar operasi bilangan bulat dengan menggunakan model kartu dari siklusHasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar operasi bilangan bulat dengan menggunakan model kartu dari siklus
INTELEKTUALINTELEKTUAL Gagal memahami kebutuhan sesi dapat mengurangi minat belajar siswa. Disarankan bahwa prinsip penetapan tujuan pembelajaran dapat menjadi alat bantu kuatGagal memahami kebutuhan sesi dapat mengurangi minat belajar siswa. Disarankan bahwa prinsip penetapan tujuan pembelajaran dapat menjadi alat bantu kuat
INTELEKTUALINTELEKTUAL Selain itu, simulasi memberikan pembelajar dorongan motivasi yang kuat untuk belajar bahasa Inggris secara umum. Kesimpulannya, salah satu keuntungan terbesarSelain itu, simulasi memberikan pembelajar dorongan motivasi yang kuat untuk belajar bahasa Inggris secara umum. Kesimpulannya, salah satu keuntungan terbesar
INTELEKTUALINTELEKTUAL Dari pengalaman menguji skripsi enam orang mahasiswa/i PGSD, mengajar mata kuliah metode penelitian dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti mengidentifikasiDari pengalaman menguji skripsi enam orang mahasiswa/i PGSD, mengajar mata kuliah metode penelitian dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti mengidentifikasi
Useful /
UMMUMM Sumber data terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masalah pelanggaran proses pemilihan dan sengketa hasilSumber data terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masalah pelanggaran proses pemilihan dan sengketa hasil
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Sedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategoriSedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategori
INTELEKTUALINTELEKTUAL Studi ini mengeksplorasi hubungan antara pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri pada seorang calon guru sains dasar dengan sikap sainsStudi ini mengeksplorasi hubungan antara pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri pada seorang calon guru sains dasar dengan sikap sains
INTELEKTUALINTELEKTUAL Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa les privat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematikaSingkatnya, dapat disimpulkan bahwa les privat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika