IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian tentang literasi matematika telah dilakukan, tetapi literasi matematika dalam kerangka kesadaran metakognitif belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis literasi matematika dengan memperhatikan kesadaran metakognitif siswa. Metode yang digunakan bersifat kualitatif, mengandalkan tes literasi matematika dan kuesioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Sampel terdiri dari 49 mahasiswa matematika pendidikan di Universitas Negeri Semarang, yang dibagi menjadi tiga kelompok berpola metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi dapat menyelesaikan semua indikator literasi matematika, termasuk evaluasi hasil, sementara siswa dengan kesadaran sedang hanya dapat menyusun rencana pembelajaran matematika dan menerapkan strategi. Referensi penting dalam pengukuran kesadaran metakognitif diambil dari karya Schraw & Dennison (1994).
Siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi mampu menindaklanjuti semua indikator literasi matematika, termasuk evaluasi hasil, sedangkan siswa dengan kesadaran sedang hanya mampu menyusun rencana penyelesaian masalah.Kesadaran metakognisi yang kuat memfasilitasi proses perencanaan, pengawasan, dan evaluasi yang terus menerus.Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kesadaran metakognisi sebagai sarana meningkatkan literasi matematika secara komprehensif.
Pertama, lakukan penelitian eksperimental untuk menilai dampak penggunaan tugas refleksi metakognitif dengan scaffolding terhadap peningkatan literasi matematika siswa. Kedua, manfaatkan platform pembelajaran digital untuk memantau proses berpikir real‑time dan mengumpulkan data kuesioner makro‑dan mikro‑metakognisi guna mengidentifikasi strategi paling efektif. Ketiga, lakukan studi kualitatif berbasis action research bagi guru matematika untuk menilai dampak pelatihan intensif integrasi strategi metakognitif dalam kurikulum kelas menengah atas. Dengan kombinasi metode eksperimen, analisis data digital, dan action research, hasilnya akan memberikan rekomendasi konkret bagi peningkatan materi ajar dan pelatihan guru di masa depan.
- Infinity Journal. developing patterns students mathematical literacy processes insights cognitive load... e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/4114Infinity Journal developing patterns students mathematical literacy processes insights cognitive load e journal stkipsiliwangi ac index php infinity article view 4114
- Infinity Journal. bridging language mathematical symbols teachers students effort increase literacy infinity... doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p251-270Infinity Journal bridging language mathematical symbols teachers students effort increase literacy infinity doi 10 22460 infinity v13i1 p251 270
- Metacognitive Awareness and Critical Thinking Abilities of Pre-service EFL Teachers | Cakici | Journal... doi.org/10.5539/jel.v7n5p116Metacognitive Awareness and Critical Thinking Abilities of Pre service EFL Teachers Cakici Journal doi 10 5539 jel v7n5p116
- Effects of Regulatory Self–Questioning on Secondary–Level Students’ Problem–Solving... jae-online.org/index.php/jae/article/view/566Effects of Regulatory SelfAeQuestioning on SecondaryAeLevel StudentsAo ProblemAeSolving jae online index php jae article view 566
- Infinity Journal. students mathematical literacy terms awareness infinity journal plugins themes bootstrap3... doi.org/10.22460/infinity.v14i4.p839-860Infinity Journal students mathematical literacy terms awareness infinity journal plugins themes bootstrap3 doi 10 22460 infinity v14i4 p839 860
| File size | 776.52 KB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada soal essay penilaian akhir semester mengenai materi persamaanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada soal essay penilaian akhir semester mengenai materi persamaan
OJSOJS Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecenderunganPenelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Selain itu, ditemukan adanya mahasiswa pada level transisi antara level perkembangan berpikir geometri pada pra-analisis, pra-deduksi informal, pra-deduksi,Selain itu, ditemukan adanya mahasiswa pada level transisi antara level perkembangan berpikir geometri pada pra-analisis, pra-deduksi informal, pra-deduksi,
MAHADEWAMAHADEWA Hasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group InvestigationHasil menunjukkan peningkatan dari 51,39% (cukup kreatif) pada siklus I menjadi 71,39% (kreatif) pada siklus II, sehingga model pembelajaran Group Investigation
Useful /
OJSOJS Faktor utama alih kode mencakup adaptasi dengan latar belakang bahasa penutur, kehadiran pihak ketiga, dan perubahan topik pembicaraan. Hasil tersebutFaktor utama alih kode mencakup adaptasi dengan latar belakang bahasa penutur, kehadiran pihak ketiga, dan perubahan topik pembicaraan. Hasil tersebut
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS pada siswa. PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS pada siswa. Penelitian
INTELEKTUALINTELEKTUAL Konsep tersebut menjadi asas bagi guru untuk senantiasa melakukan inovasi dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran matematika yang dianggapKonsep tersebut menjadi asas bagi guru untuk senantiasa melakukan inovasi dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran matematika yang dianggap
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini fokus pada prinsip efisiensi, keadilan, dan kelengkapan yang mendasari skema kredit tersebut. Ditemukan bahwa kedua wilayah memiliki perbedaanPenelitian ini fokus pada prinsip efisiensi, keadilan, dan kelengkapan yang mendasari skema kredit tersebut. Ditemukan bahwa kedua wilayah memiliki perbedaan