LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Roket sonda telah digunakan untuk penelitian ilmiah, dan diimplementasikan dalam meteorologi dan studi atmosfer lapisan atas sejak akhir 1950-an. Roket sonda membawa muatan sub-orbital yang mengikuti lintasan terbang parabola dari peluncuran hingga pendaratan. Mendukung peta jalan pengembangan roket Peluncur Satelit, LAPAN telah meluncurkan Program roket sonda. Amplifikasi putar guling dari hasil produksi kecepatan putar yang tidak terduga terdeteksi selama dorongan dari roket sonda, meskipun sirip roket sayap dalam konfigurasi salib. Salah satu fenomena ini dapat dipengaruhi oleh aliran gas pada ruang pembakaran selama waktu pembakaran. Ide dasar dari penelitian ini adalah untuk memodelkan amplifikasi putar guling sebagai efek gerakan berputar dari bagian gas buang yang berpartisipasi dalam dinamika rotasi dari roket dibandingkan dengan mengalir keluar langsung dari ruang bakar. Data penerbangan tersedia diperoleh dari hasil tes terbang terakhir tersaji. Data tersebut menunjukkan adanya amplifikasi putar guling yang signifikan ketika motor roket padat digunakan selama waktu pembakaran. Hasil pemodelan memiliki pendekatan yang baik bahwa Kehadiran bagian gas buang mempengaruhi amplifikasi putar guling yang tidak terduga.

Hasil komputasi dan analisis amplifikasi putar guling mampu menggambarkan kejadian dalam ruang pembakaran motor roket selama tes penerbangan.Model simulasi numerik memiliki pendekatan yang baik terhadap hasil tes penerbangan dan dapat memprediksi amplifikasi putar guling.Analisis ini dapat membantu dalam merancang roket padat masa depan dan sistem kontrol canggih untuk mengatasi masalah ini.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada eksplorasi lebih mendalam mengenai pengaruh geometri propelan terhadap amplifikasi putar guling, khususnya dengan menggunakan desain slot berbentuk bintang untuk meningkatkan akurasi model. Selain itu, disarankan untuk mengembangkan sistem kontrol aktif yang dapat mengurangi efek amplifikasi putar guling selama fase penerbangan roket. Penelitian lebih lanjut juga dapat mencakup pengujian eksperimental dengan variasi tekanan pembakaran dan suhu untuk memvalidasi model numerik yang telah dikembangkan.

File size561.49 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test