METROMETRO

Akademika : Jurnal Pemikiran IslamAkademika : Jurnal Pemikiran Islam

Pembelajaran pendidikan Islam dan karakter di kalangan siswa Muslim perkotaan menghadapi tantangan serius, seperti literasi digital yang rendah, akses terbatas ke perangkat dan internet, serta kelangkaan media yang sesuai dengan karakteristik generasi digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis flipbook yang relevan dan interaktif dengan nilai-nilai karakter Islam untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di era teknologi. SMA Negeri 13 Banda Aceh digunakan karena sekolah menengah atas tersebut menerapkan hukum Islam yang tidak ditemukan di sekolah lain di Indonesia. Metode yang diterapkan konsisten dengan model Alessi dan Trollip, yang mencakup perencanaan, desain, dan pengembangan. Selain itu, studi pengembangan ini mencakup modul pembelajaran, dalam format digital, yang diproduksi menggunakan Flip PDF Corporate Edition Version 2.4.10.3 sejalan dengan kurikulum Merdeka. Modul digital dianggap sangat layak, dengan persentase 88,20% berdasarkan evaluasi dari ahli materi dan media. Menurut penilaian guru dan siswa, modul juga sangat praktis, dengan tingkat 91,59%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran berbasis digital pendidikan Islam dan karakter di sekolah menengah Banda Aceh, dalam bentuk modul digital di SMA Negeri 13 Banda Aceh, layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Modul digital memecahkan masalah pembelajaran siswa dalam masyarakat Muslim perkotaan dengan menyediakan akses ke materi yang relevan, mudah digunakan, dan kontekstual untuk mengatasi tantangan kehidupan keagamaan di daerah perkotaan. Selain itu, hasil penelitian melaporkan perbedaan pendidikan Islam dengan menekankan integrasi nilai-nilai dalam konteks kehidupan modern melalui metode digital yang adaptif dan kontekstual.

Kesimpulannya, pengembangan pembelajaran berbasis digital modul PAI-BP di SMA Negeri 13 Banda Aceh telah berhasil menciptakan media pembelajaran yang layak dan praktis yang relevan dengan kehidupan siswa Muslim perkotaan.Modul digital ini menggabungkan berbagai elemen multimedia, termasuk teks, video, dan suara, untuk mendukung pembelajaran multimodal serta merangsang motivasi dan keterlibatan siswa.Selain itu, modul terbukti layak dan praktis berdasarkan penilaian ahli dan pengguna.Nilai-nilai karakter yang berorientasi pada pembentukan karakter juga dapat diinternalisasi dengan Profil Siswa Pancasila.Penelitian ini menghadapi keterbatasan dalam hal akses internet dan ketersediaan perangkat karena sebagian besar siswa memiliki smartphone dengan konektivitas terbatas.Selain itu, aplikasi modul kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Android.Keterampilan digital yang terbatas dan evaluasi yang kurang komprehensif juga memengaruhi kualitas pengembangan modul.Perbedaan tingkat literasi digital di antara guru dan siswa menghadirkan tantangan yang diatasi melalui komunikasi intensif untuk memastikan program berjalan lancar.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan, berikut adalah beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan: Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas modul digital ini dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep pendidikan Islam dan karakter, serta dampaknya terhadap perilaku sehari-hari mereka. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan strategi untuk mengatasi tantangan akses internet dan ketersediaan perangkat, misalnya dengan menyediakan akses offline atau mengembangkan aplikasi yang kompatibel dengan berbagai jenis perangkat. Ketiga, penting untuk melakukan penelitian kualitatif yang mendalam untuk memahami pengalaman belajar siswa menggunakan modul digital ini, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasinya. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Islam dan karakter di era digital.

  1. Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA | Jurnal Inovasi... doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424Pengembangan modul elektronik e modul interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA Jurnal Inovasi doi 10 21831 jitp v5i2 15424
  2. TRANSFORMATION OF ISLAMIC AND CHARACTER EDUCATION LEARNING FOR THE URBAN MUSLIM GENERATION: A STUDY OF... doi.org/10.32332/akademika.v30i2.9748TRANSFORMATION OF ISLAMIC AND CHARACTER EDUCATION LEARNING FOR THE URBAN MUSLIM GENERATION A STUDY OF doi 10 32332 akademika v30i2 9748
  3. PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH... journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/view/2006PENANAMAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH journal ar raniry ac index php fitrah article view 2006
  4. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika. pengembangan modul flip corporate materi volume bola range jurnal... jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPM/article/view/1275RANGE Jurnal Pendidikan Matematika pengembangan modul flip corporate materi volume bola range jurnal jurnal unimor ac index php JPM article view 1275
  5. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping dan Media Flash Card |... ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/845Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping dan Media Flash Card ejournal stai tbh ac mitra pgmi article view 845
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #profil siswa pancasila#profil siswa pancasila
File size270.14 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test