USDUSD

0

Flipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagian besar digunakan untuk sesi tanya jawab, latihan, proyek, dan diskusi. Flipped Classroom dibutuhkan oleh guru di era ini karena pada saat siswa mengerjakan tugas di dalam kelas, guru memiliki kesempatan untuk mengamati interaksi siswa, kegiatan, peningkatan, dan bahkan memecahkan masalah siswa seperti ketidakjujuran akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana urgensi penerapan Flipped Classroom sebagai salah satu solusi untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa dalam kelas menulis. Studi ini dilakukan dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa melaksanakan Flipped Classroom sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa sekaligus membantu guru mengamati perkembangan siswa dalam kelas menulis.

Studi ini menjelaskan penelitian tindakan implementasi flipped classroom dalam kelas menulis.Hasilnya, guru dapat lebih memahami pentingnya melakukan flipped classroom karena kontribusinya dalam mencegah siswa melakukan ketidakjujuran akademik.Meskipun studi ini belum mencakup subjek yang besar, penelitian empiris lebih lanjut, evaluasi reflektif dari studi serupa, dan studi penelitian tindakan kolaboratif diperlukan sehingga implikasi yang besar dapat diamati untuk membantu guru berbagi kesadaran akan perlunya mencegah ketidakjujuran akademik siswa sejak dini.

Berdasarkan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas flipped classroom dalam konteks mata pelajaran lain selain menulis, seperti matematika atau sains, untuk melihat apakah model pembelajaran ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur dampak flipped classroom terhadap motivasi belajar dan keterlibatan siswa, tidak hanya pada hasil belajar kognitif. Ketiga, penelitian kuantitatif dengan skala sampel yang lebih besar dapat dilakukan untuk menguji secara lebih mendalam hubungan antara flipped classroom dan penurunan tingkat plagiarisme, dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perilaku akademik siswa, seperti karakteristik siswa, lingkungan belajar, dan dukungan dari orang tua.

  1. Discouraging Students Academic Dishonesty in Flipped Classroom | Dewati | LLT Journal: A Journal on Language... e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT/article/view/503Discouraging Students Academic Dishonesty in Flipped Classroom Dewati LLT Journal A Journal on Language e journal usd ac index php LLT article view 503
  1. #flipped classroom#flipped classroom
  2. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
File size915.45 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test