USDUSD
0Flipped Classroom menyajikan proses pembelajaran di rumah melalui video, handout, dan pendengaran sebelum sesi kelas. Sementara waktu di kelas sebagian besar digunakan untuk sesi tanya jawab, latihan, proyek, dan diskusi. Flipped Classroom dibutuhkan oleh guru di era ini karena pada saat siswa mengerjakan tugas di dalam kelas, guru memiliki kesempatan untuk mengamati interaksi siswa, kegiatan, peningkatan, dan bahkan memecahkan masalah siswa seperti ketidakjujuran akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana urgensi penerapan Flipped Classroom sebagai salah satu solusi untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa dalam kelas menulis. Studi ini dilakukan dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa melaksanakan Flipped Classroom sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa sekaligus membantu guru mengamati perkembangan siswa dalam kelas menulis.
Studi ini menjelaskan penelitian tindakan implementasi flipped classroom dalam kelas menulis.Hasilnya, guru dapat lebih memahami pentingnya melakukan flipped classroom karena kontribusinya dalam mencegah siswa melakukan ketidakjujuran akademik.Meskipun studi ini belum mencakup subjek yang besar, penelitian empiris lebih lanjut, evaluasi reflektif dari studi serupa, dan studi penelitian tindakan kolaboratif diperlukan sehingga implikasi yang besar dapat diamati untuk membantu guru berbagi kesadaran akan perlunya mencegah ketidakjujuran akademik siswa sejak dini.
Berdasarkan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas flipped classroom dalam konteks mata pelajaran lain selain menulis, seperti matematika atau sains, untuk melihat apakah model pembelajaran ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur dampak flipped classroom terhadap motivasi belajar dan keterlibatan siswa, tidak hanya pada hasil belajar kognitif. Ketiga, penelitian kuantitatif dengan skala sampel yang lebih besar dapat dilakukan untuk menguji secara lebih mendalam hubungan antara flipped classroom dan penurunan tingkat plagiarisme, dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perilaku akademik siswa, seperti karakteristik siswa, lingkungan belajar, dan dukungan dari orang tua.
| File size | 915.45 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mengurangi rasa malu mereka agar dapat berbicara bahasa Inggris dengan lebih percayaOleh karena itu, penting untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mengurangi rasa malu mereka agar dapat berbicara bahasa Inggris dengan lebih percaya
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa InggrisDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam penggunaan aplikasi English Speaking Practice pada keterampilan berbicaraTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam penggunaan aplikasi English Speaking Practice pada keterampilan berbicara
USDUSD Modernisasi, teknologi, dan kedatangan penduduk baru diduga menjadi latar belakangnya. Sebagai ibu kota provinsi, Jayapura merupakan wilayah yang palingModernisasi, teknologi, dan kedatangan penduduk baru diduga menjadi latar belakangnya. Sebagai ibu kota provinsi, Jayapura merupakan wilayah yang paling
Useful /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Makassar tahun ajaran 2020/2022 dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakanPopulasi penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Makassar tahun ajaran 2020/2022 dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji T berpasangan pada SPSS. Berdasarkan hasil penggunaan permainan spelling bee, terdapat peningkatan kosakataHasil penelitian dianalisis menggunakan uji T berpasangan pada SPSS. Berdasarkan hasil penggunaan permainan spelling bee, terdapat peningkatan kosakata
USDUSD Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai keyakinan beberapa guru bahasa Inggris calon (pre-service) terkait pembelajaranPenelitian studi kasus ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai keyakinan beberapa guru bahasa Inggris calon (pre-service) terkait pembelajaran
USDUSD Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produk teknologi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas kelas. Pemanfaatan produk teknologiGuru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produk teknologi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas kelas. Pemanfaatan produk teknologi