JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA

THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNAL

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang paling sulit dipelajari dalam bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dalam penggunaan aplikasi English Speaking Practice pada keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMAN 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test satu kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 18 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas pada tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v.25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam pre-test dan post-test. Skor rata-rata meningkat dari 48,60 pada pre-test menjadi 82,00 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMAN 18 Makassar.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi English Speaking Practice efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMAN 18 Makassar.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan aplikasi tersebut.Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan lebih lanjut dalam proses pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas aplikasi English Speaking Practice dalam konteks pembelajaran jarak jauh, mengingat semakin pentingnya pembelajaran daring di era digital. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penggunaan aplikasi ini, seperti tingkat motivasi siswa, kualitas dukungan guru, dan ketersediaan infrastruktur teknologi. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi dampak penggunaan aplikasi ini terhadap aspek-aspek lain dari keterampilan berbicara, seperti kefasihan, pengucapan, dan tata bahasa. Dengan demikian, pemahaman yang lebih komprehensif tentang potensi dan tantangan penggunaan aplikasi English Speaking Practice dapat diperoleh, sehingga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
File size182.62 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test