USDUSD
0Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur dalam teks dan menganalisis perspektif yang berbeda mengenai makna “sangat menyesal antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. Objek penelitian adalah surat permintaan maaf dari Duta Besar AS untuk Tiongkok Joseph Prueher kepada Menteri Luar Negeri RRT Tang Jiaxuan terkait insiden di Pulau Hainan yang menyebabkan kematian pilot Tiongkok dan penahanan kru pesawat serta pesawat pengintai yang mendarat darurat tanpa izin sebelumnya. Peneliti menggunakan teori tindak tutur yang diajukan oleh Searle (1979) sebagaimana dikutip oleh Wardhaugh (2006) untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur dan memperoleh jenis yang dominan serta implikasi yang digunakan dalam teks. Strategi permintaan maaf oleh Cohen dan Olshtain (1986) sebagaimana dikutip oleh Zhang (2001) juga digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase terbesar dari jenis-jenis adalah ekspresif dan asertif. Peneliti juga menemukan perspektif yang berbeda mengenai makna “sangat menyesal antara AS dan RRT yang menyebabkan kesalahpahaman yang dipengaruhi oleh budaya. Penelitian ini bermanfaat bagi pembelajar bahasa Inggris untuk memahami makna ungkapan yang mereka dengar dan untuk mengakui pengaruh budaya terhadap perspektif masyarakat dalam memahami makna, terutama bagi penutur non-Inggris.
Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa jenis tindak tutur yang paling dominan dalam surat tersebut adalah ekspresif dan asertif, menunjukkan upaya untuk menyampaikan informasi penting dan mengungkapkan rasa penyesalan terkait insiden tersebut.Perbedaan perspektif mengenai makna “sangat menyesal antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok memicu kesalahpahaman yang dipengaruhi oleh perbedaan budaya dan ideologi dalam menyampaikan permintaan maaf.Hal ini mengindikasikan pentingnya pemahaman lintas budaya dalam komunikasi, terutama dalam konteks diplomasi dan hubungan internasional.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam bagaimana strategi permintaan maaf yang berbeda antar budaya memengaruhi persepsi dan respons dalam negosiasi diplomatik. Selain itu, studi komparatif mengenai penggunaan bahasa dalam permintaan maaf di berbagai konteks politik dan sosial dapat memberikan wawasan tambahan mengenai peran bahasa dalam pembentukan hubungan internasional. Lebih lanjut, penelitian dapat mengeksplorasi bagaimana media massa membentuk opini publik mengenai insiden lintas budaya dan bagaimana hal ini memengaruhi strategi komunikasi pemerintah dalam menangani krisis diplomatik. Terakhir, penelitian kualitatif mendalam terhadap pengalaman pembelajar bahasa Inggris dalam memahami dan menggunakan ungkapan permintaan maaf dalam konteks lintas budaya dapat memberikan rekomendasi praktis untuk pengembangan materi pembelajaran bahasa yang lebih efektif.
| File size | 805.15 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Pengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test. Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rataPengumpulan data dilakukan menggunakan pre-test dan post-test. Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Makassar untuk tahun ajaran 2021/2022, sedangkan sampelnya adalah 36 siswa kelas 7. 4. Hasil penelitianPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Makassar untuk tahun ajaran 2021/2022, sedangkan sampelnya adalah 36 siswa kelas 7. 4. Hasil penelitian
USDUSD Cerita rakyat dipilih sebagai materi pembelajaran untuk siswa Sekolah Dasar, malo untuk siswa Sekolah Menengah Pertama, dan prosedur pembuatan kayi/ifaCerita rakyat dipilih sebagai materi pembelajaran untuk siswa Sekolah Dasar, malo untuk siswa Sekolah Menengah Pertama, dan prosedur pembuatan kayi/ifa
USDUSD Studi ini menjelaskan penelitian tindakan implementasi flipped classroom dalam kelas menulis. Hasilnya, guru dapat lebih memahami pentingnya melakukanStudi ini menjelaskan penelitian tindakan implementasi flipped classroom dalam kelas menulis. Hasilnya, guru dapat lebih memahami pentingnya melakukan
Useful /
MARANATHAMARANATHA Penelitian ini melibatkan 15 mencit (Mus musculus) jantan yang dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok kontrol negatif, kelompok uji diazepam tunggal, danPenelitian ini melibatkan 15 mencit (Mus musculus) jantan yang dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok kontrol negatif, kelompok uji diazepam tunggal, dan
EJGTAEJGTA Angka ter-doubly resolve dari graph G, dinotasikan oleh ψ(G), adalah kardinalitas minimum dari set ter-doubly resolve untuk G. Dalam paper ini, denganAngka ter-doubly resolve dari graph G, dinotasikan oleh ψ(G), adalah kardinalitas minimum dari set ter-doubly resolve untuk G. Dalam paper ini, dengan
USDUSD Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa setuju bahwa simulasi di kelas penting bagi pembelajaran mereka karena membentuk pembelajaran yangBerdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa setuju bahwa simulasi di kelas penting bagi pembelajaran mereka karena membentuk pembelajaran yang
USDUSD Pembelajaran saat ini menghadapi lebih banyak tantangan seiring dengan terusnya pembaruan teknologi. Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produkPembelajaran saat ini menghadapi lebih banyak tantangan seiring dengan terusnya pembaruan teknologi. Guru diharapkan mengadopsi sebanyak mungkin produk