JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA

THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNAL

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diajarkan strategi GIST dalam teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis, khususnya dalam peringkasan, di SMPN 8 Makassar pada tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui dua tes, pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Makassar tahun ajaran 2020/2022 dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan tes menulis yang diterapkan dalam pre-test dan post-test, dan perlakuan diberikan sebelum post-test dilakukan menggunakan Strategi GIST. Proses penelitian ini memakan waktu empat pertemuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Paired Sample Test pada SPSS 26. Menurut hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired Sample Test pada skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00. Oleh karena itu, terdapat dampak signifikan dalam penelitian ini menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa.

Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi GIST dalam mengajar teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis di SMPN 8 Makassar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa setelah diajarkan strategi GIST.Strategi GIST terbukti efektif dalam membantu siswa memahami teks dan meringkasnya secara efisien.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas strategi GIST dalam konteks pembelajaran menulis teks lain, seperti teks eksposisi atau argumentasi, untuk melihat apakah strategi ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan strategi GIST, seperti tingkat kemampuan awal siswa, gaya belajar, atau karakteristik guru, sehingga dapat dikembangkan panduan implementasi yang lebih efektif. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi dampak penggunaan strategi GIST terhadap motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam menulis, karena keterampilan menulis seringkali dikaitkan dengan rasa cemas dan kurangnya keyakinan. Dengan memahami bagaimana strategi ini memengaruhi aspek psikologis siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih mendukung dan memotivasi.

  1. #gist strategy#gist strategy
  2. #siswa smp smasmk#siswa smp smasmk
File size234.2 KB
Pages10
DMCAReportReport

Related /

ads-block-test