JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA
THE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALTHE ACADEMIC: ENGLISH LANGUAGE LEARNING JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diajarkan strategi GIST dalam teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis, khususnya dalam peringkasan, di SMPN 8 Makassar pada tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui dua tes, pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Makassar tahun ajaran 2020/2022 dan sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan tes menulis yang diterapkan dalam pre-test dan post-test, dan perlakuan diberikan sebelum post-test dilakukan menggunakan Strategi GIST. Proses penelitian ini memakan waktu empat pertemuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Paired Sample Test pada SPSS 26. Menurut hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired Sample Test pada skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00. Oleh karena itu, terdapat dampak signifikan dalam penelitian ini menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa.
Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi GIST dalam mengajar teks recount untuk siswa dalam keterampilan menulis di SMPN 8 Makassar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, yang menunjukkan peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa setelah diajarkan strategi GIST.Strategi GIST terbukti efektif dalam membantu siswa memahami teks dan meringkasnya secara efisien.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas strategi GIST dalam konteks pembelajaran menulis teks lain, seperti teks eksposisi atau argumentasi, untuk melihat apakah strategi ini dapat diadaptasi dan memberikan hasil yang serupa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan strategi GIST, seperti tingkat kemampuan awal siswa, gaya belajar, atau karakteristik guru, sehingga dapat dikembangkan panduan implementasi yang lebih efektif. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi dampak penggunaan strategi GIST terhadap motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam menulis, karena keterampilan menulis seringkali dikaitkan dengan rasa cemas dan kurangnya keyakinan. Dengan memahami bagaimana strategi ini memengaruhi aspek psikologis siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih mendukung dan memotivasi.
| File size | 234.2 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner Public Speaking Class Anxiety Scale. Data dikumpulkan melaluiPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner Public Speaking Class Anxiety Scale. Data dikumpulkan melalui
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Nilai signifikansi yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,Nilai signifikansi yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian,
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v. 25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalahJumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v. 25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Administrator secara rutin menggunakan strategi kunjungan kelas dan demonstrasi, yang menunjukkan korelasi positif kuat antara tingkat kompetensi merekaAdministrator secara rutin menggunakan strategi kunjungan kelas dan demonstrasi, yang menunjukkan korelasi positif kuat antara tingkat kompetensi mereka
Useful /
LIFESCIFILIFESCIFI Penelitian ini menyelidiki dampak kelincahan bisnis dan orientasi pasar terkait keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada Usaha Mikro, Kecil, danPenelitian ini menyelidiki dampak kelincahan bisnis dan orientasi pasar terkait keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada Usaha Mikro, Kecil, dan
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Desain sistem pendukung keputusan (DSS) untuk menilai indispliner siswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berbasis web telah terbuktiDesain sistem pendukung keputusan (DSS) untuk menilai indispliner siswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berbasis web telah terbukti
UNUDUNUD Berdasarkan dokumen yang diberikan, tidak ditemukan teks kesimpulan dari artikel tertentu. Dokumen hanya berisi daftar isi, informasi editorial, dan metadataBerdasarkan dokumen yang diberikan, tidak ditemukan teks kesimpulan dari artikel tertentu. Dokumen hanya berisi daftar isi, informasi editorial, dan metadata
UNUDUNUD Penelitian ini juga mengusulkan strategi untuk mempromosikan keberlanjutan dan memaksimalkan manfaat dari aktivitas pariwisata. Studi ini memberikan dasarPenelitian ini juga mengusulkan strategi untuk mempromosikan keberlanjutan dan memaksimalkan manfaat dari aktivitas pariwisata. Studi ini memberikan dasar