ALJAMIAHALJAMIAH
Al-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesAl-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesArtikel ini mengkaji pandangan para dosen Ilmu al-Quran di Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir dari lima Universitas Islam Negeri terhadap keilmuan Barat tentang al-Quran: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Imam Bonjol Padang, dan UIN Bukittinggi. Data yang dianalisis dalam studi ini diperoleh melalui kunjungan lapangan ke lima program studi tersebut. Selain itu, artikel ini juga berinteraksi secara kritis dengan literatur akademik mutakhir, sehingga memperkuat posisinya dalam wacana keilmuan kontemporer. Kami berargumen bahwa meskipun terdapat kecenderungan kuat di program studi tersebut untuk menerima keilmuan Barat untuk kajian al-Quran, muncul pula sejumlah keberatan yang turut memengaruhi arah dan pengembangan kurikulum program studi. Beberapa figur yang dominan dan berpengaruh di lingkungan program studi memainkan peran penting dalam merumuskan kurikulum yang mereka anggap paling sesuai bagi mahasiswa Ilmu al-Quran. Perdebatan muncul terkait pencapaian dua tujuan pembelajaran utama antara: (1) memahami dan menerima pendekatan keilmuan Barat dalam studi al-Quran dan tafsir; atau (2) menguasai pengetahuan keislaman yang mendalam mengenai al-Quran dan tafsir untuk kepentingan dakwah Islam.
Studi ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbukaan terhadap metode Barat dalam studi al-Quran, ketegangan berkelanjutan terutama mengenai desain kurikulum.Figur pengaruh di departemen menentukan orientasi kurikulum yang mereka anggap sesuai bagi mahasiswa.(1) mengadopsi pendekatan akademis Barat terhadap al-Quran dan tafsir, atau (2) memperkuat pengetahuan keislaman untuk dakwah.Keterlibatan universitas dalam kolaborasi internasional dan kebijakan kurikulum yang dipengaruhi oleh asosiasi akademis menjadi faktor penentu dalam penerimaan studi Barat.Di beberapa universitas, kurikulum masih lebih fokus pada pendidikan dakwah daripada pengembangan akademis.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji reformasi kurikulum yang lebih inklusif dalam pendidikan al-Quran di universitas Islam Indonesia, dengan mempertimbangkan keseimbangan antara pendekatan akademis Barat dan tradisi keislaman. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang dampak kebijakan figur pengaruh terhadap perkembangan akademis dan dakwah di departemen Ilmu al-Quran. Terakhir, kolaborasi antar universitas dan institusi akademis internasional dapat dikembangkan untuk memperluas wawasan akademik dan mengurangi polarisasi terhadap studi Barat dalam konteks keislaman.
| File size | 448.93 KB |
| Pages | 25 |
| DMCA | Report |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Siswa juga menunjukkan motivasi yang lebih kuat dan sikap yang lebih positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris setelah berpartisipasi dalam kamp. AktivitasSiswa juga menunjukkan motivasi yang lebih kuat dan sikap yang lebih positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris setelah berpartisipasi dalam kamp. Aktivitas
UNUDUNUD Analisis juga menyimpulkan bahwa fiksi dan fakta muncul secara bersama-sama dan saling melengkapi; fiksi sebagai cerita dan fakta sebagai sejarah hadirAnalisis juga menyimpulkan bahwa fiksi dan fakta muncul secara bersama-sama dan saling melengkapi; fiksi sebagai cerita dan fakta sebagai sejarah hadir
BINUSBINUS Visi 2030 Arab Saudi memungkinkan kerja sama dan investasi di Arafah, Mina, Mekah, Madinah, dan sektor lainnya. Analisis peta risiko menunjukkan proyekVisi 2030 Arab Saudi memungkinkan kerja sama dan investasi di Arafah, Mina, Mekah, Madinah, dan sektor lainnya. Analisis peta risiko menunjukkan proyek
ALJAMIAHALJAMIAH Dengan menggunakan konsep narasi Michel Foucault serta kerangka kerja power-knowledge sebagai alat analisis, penelitian ini menemukan bahwa integrasi kurikulumDengan menggunakan konsep narasi Michel Foucault serta kerangka kerja power-knowledge sebagai alat analisis, penelitian ini menemukan bahwa integrasi kurikulum
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Sedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategoriSedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategori
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalahMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
USDUSD Karena simulasi merepresentasikan kejadian nyata, simulasi mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan, metode, dan teknik yang dipelajari berdasarkanKarena simulasi merepresentasikan kejadian nyata, simulasi mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan, metode, dan teknik yang dipelajari berdasarkan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalamSecara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kendala utama adalah rendahnya kesadaran siswa mengenai pentingnya asesmen non-kognitif serta keterbatasan waktu untuk pendampingan individual. BerdasarkanKendala utama adalah rendahnya kesadaran siswa mengenai pentingnya asesmen non-kognitif serta keterbatasan waktu untuk pendampingan individual. Berdasarkan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Untuk menjamin keberlanjutan, disarankan mengintegrasikan materi edukasi digital, pelatihan tindak lanjut yang berkelanjutan, dan jaringan dukungan komunitas.Untuk menjamin keberlanjutan, disarankan mengintegrasikan materi edukasi digital, pelatihan tindak lanjut yang berkelanjutan, dan jaringan dukungan komunitas.
UNUDUNUD Penduduknya heterogen dan multikultural, dengan latar belakang etnis, pekerjaan, status sosial, tradisi, dan agama yang beragam. Dinamika kehidupan beragamaPenduduknya heterogen dan multikultural, dengan latar belakang etnis, pekerjaan, status sosial, tradisi, dan agama yang beragam. Dinamika kehidupan beragama
UNUDUNUD Artikel ini juga menyajikan upaya guru untuk mengurangi kerugian tersebut dengan tetap mempertahankan pembelajaran apresiasi sastra. Ditemukan 7 soal sastraArtikel ini juga menyajikan upaya guru untuk mengurangi kerugian tersebut dengan tetap mempertahankan pembelajaran apresiasi sastra. Ditemukan 7 soal sastra