UNRUNR
Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatJurnal Pengabdian Kepada MasyarakatPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas V yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.Peningkatan ini terjadi karena siswa terlatih mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian, dan mengevaluasi jawaban secara mandiri.
Bisakah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan alat peraga konkret akan lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas rendah? Bagaimana jika penelitian berikutnya mengeksplorasi pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran lain seperti IPA dengan melibatkan guru-guru dari berbagai wilayah agar hasilnya lebih menyeluruh? Selain itu, apakah mungkin kita mengembangkan PBL berbasis daring untuk siswa di daerah terpencil guna melihat keefektifannya dalam mengatasi keterbatasan guru dan sumber belajar?.
- One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.53363/bw.v1i3.28One moment please moment please wait request verified doi 10 53363 bw v1i3 28
- Implementasi Ekonomi Sirkular dengan Pengelolaan Sampah Menjadi Produk Kreatif di Panti Asuhan Muhammadiyah... doi.org/10.36232/jurnalabdimasa.v6i2.3805Implementasi Ekonomi Sirkular dengan Pengelolaan Sampah Menjadi Produk Kreatif di Panti Asuhan Muhammadiyah doi 10 36232 jurnalabdimasa v6i2 3805
- Mengembangkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengolahan Sampah Berbasis Sumber Menjadi Eco Enzyme | Jurnal... doi.org/10.31004/abdidas.v4i5.829Mengembangkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengolahan Sampah Berbasis Sumber Menjadi Eco Enzyme Jurnal doi 10 31004 abdidas v4i5 829
| File size | 830.87 KB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Namun, hingga saat ini, materi ini belum pernah diajarkan kepada siswa karena tidak termasuk dalam bahan ajar di sekolah. Hakikat sains sangat pentingNamun, hingga saat ini, materi ini belum pernah diajarkan kepada siswa karena tidak termasuk dalam bahan ajar di sekolah. Hakikat sains sangat penting
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
GOMITGOMIT Fisika merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderungFisika merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderung
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
EJGTAEJGTA Hasil menunjukkan bahwa angka radial Steiner bergantung pada struktur dan operasi graf yang digunakan. Temuan ini memperkaya teori graf dengan konsep baruHasil menunjukkan bahwa angka radial Steiner bergantung pada struktur dan operasi graf yang digunakan. Temuan ini memperkaya teori graf dengan konsep baru
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peran tersebut memengaruhi proses pembelajaran, prestasi belajar siswa, serta kecerdasan sosial siswa yang terlihat dalam interaksi mereka dengan guru,Peran tersebut memengaruhi proses pembelajaran, prestasi belajar siswa, serta kecerdasan sosial siswa yang terlihat dalam interaksi mereka dengan guru,
UNMUNM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. MetodePenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Metode
UNMUNM Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran genre karakter multistatus sosial pada mata kuliah Speaking di Program Studi Bahasa Jawa UniversitasPenelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran genre karakter multistatus sosial pada mata kuliah Speaking di Program Studi Bahasa Jawa Universitas