OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD Mukti Harjo Lor. Pendekatan ini mengaitkan konsep matematika dengan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Dalam penerapannya, media interaktif seperti wardwall digunakan untuk mendukung kolaborasi dan visualisasi ide siswa, memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi PBL dan TARL meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, serta meningkatkan keterampilan sosial dan kolaboratif siswa. Pendekatan ini juga memfasilitasi siswa dalam menghubungkan teori matematika dengan praktik yang ada di sekitar mereka, membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan menarik. Penerapan PBL dengan TARL memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SD.
Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) di SD Mukti Harjo Lor menunjukkan efektivitas yang tinggi yakni 67,24% dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa.Melalui penggunaan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, mereka dapat lebih mudah mengaitkan materi matematika dengan situasi nyata.Penerapan konteks lokal dalam pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan memahami konsep matematika secara lebih mendalam, serta memperkaya pengalaman belajar mereka.
Ke depan, penelitian ini dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan pengaruh penggunaan teknologi lainnya dalam pembelajaran matematika, seperti aplikasi pembelajaran berbasis game yang interaktif. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut yang mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran PBL dan pendekatan TARL berpengaruh pada perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama di mata pelajaran lain. Peneliti juga dapat mempertimbangkan untuk menyelidiki pengaruh kolaborasi antar siswa dari latar belakang budaya yang berbeda dalam konteks pembelajaran dengan menggunakan metode ini.
| File size | 115.93 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-u8 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Rumusan masalah: 1). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa belajar. 2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajarRumusan masalah: 1). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa belajar. 2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Pelaksanaan kegiatan PKM ini perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Hasil kegiatan pengabdian adalah para siswa memiliki Business model canvas sebagaiPelaksanaan kegiatan PKM ini perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Hasil kegiatan pengabdian adalah para siswa memiliki Business model canvas sebagai
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilanHasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilan
ARIPIARIPI Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, dan seluruh siswa dievaluasi menggunakan Test of Gross Motor Development-2Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, dan seluruh siswa dievaluasi menggunakan Test of Gross Motor Development-2
UNISLAUNISLA Penelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Watukosek-Pasuruan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. SubjekPenelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Watukosek-Pasuruan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek
UNISLAUNISLA Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada lima komponen utama berbicara, yaitu kosakata, tata bahasa, pengucapan, pemahaman, dan kelancaran.Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada lima komponen utama berbicara, yaitu kosakata, tata bahasa, pengucapan, pemahaman, dan kelancaran.
UNISLAUNISLA Analisis kebutuhan sangat penting untuk mengembangkan buku ajar bahasa Inggris yang sesuai untuk siswa kelas sepuluh jurusan Otomasi Perkantoran dan TataAnalisis kebutuhan sangat penting untuk mengembangkan buku ajar bahasa Inggris yang sesuai untuk siswa kelas sepuluh jurusan Otomasi Perkantoran dan Tata
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II, menunjukkan efektivitas model pembelajaran Generatif dalam meningkatkanHasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II, menunjukkan efektivitas model pembelajaran Generatif dalam meningkatkan
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Demonstrasi telah dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti dari penurunan kategori minat belajar rendahHasil penelitian menunjukkan bahwa metode Demonstrasi telah dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti dari penurunan kategori minat belajar rendah
UMKUMK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. AnalisisPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. Analisis
OJSOJS Meskipun materi pembelajaran digital menawarkan keuntungan yang signifikan, buku tradisional masih memegang peranan penting. Mengembangkan literasi digitalMeskipun materi pembelajaran digital menawarkan keuntungan yang signifikan, buku tradisional masih memegang peranan penting. Mengembangkan literasi digital
UNIMALUNIMAL Selain itu, perlu diteliti dampak jangka panjang dari pembentukan Kelompok Tani Hutan dan kelompok dagang wisata terhadap perubahan perilaku lingkunganSelain itu, perlu diteliti dampak jangka panjang dari pembentukan Kelompok Tani Hutan dan kelompok dagang wisata terhadap perubahan perilaku lingkungan