OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji pentingnya variasi dan metode dalam proses pembelajaran guna mencapai efektivitas pembelajaran. Pembelajaran dipahami sebagai proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Studi ini menyoroti bahwa keberhasilan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh materi ajar, tetapi juga oleh strategi penyampaian yang digunakan oleh pendidik. Metode dan variasi dalam mengajar memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang dianalisis adalah model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), yang dianggap mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan tanpa mengurangi pencapaian tujuan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan, strategi, model, teknik, dan taktik pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang holistik dan berkelanjutan. Dengan demikian, pemahaman mendalam terhadap komponen-komponen pembelajaran menjadi kunci dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dalam penulisan artikel ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode Studi Literatur pengumpulan dan analisis data dari literatur yang relevan, seperti buku, artikel jurnal, dan sumber-sumber terpercaya lainnya.
Model, pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik merupakan unsur penting dalam pembelajaran yang saling terkait namun berbeda dalam implementasinya.Kualitas pembelajaran ditentukan oleh cara informasi dikemas, disampaikan, dan diterapkan oleh guru kepada peserta didik.Guru profesional perlu memahami, mengaplikasikan, serta mengembangkan inovasi dalam kelima unsur tersebut agar tetap relevan dengan perkembangan masyarakat modern.
Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang efektivitas kombinasi pendekatan berbasis siswa dan pendekatan berbasis guru dalam konteks mata pelajaran agama Islam di sekolah dasar, untuk melihat apakah pendekatan campuran lebih mampu meningkatkan pemahaman konseptual dan keterlibatan siswa dibandingkan pendekatan tunggal. Kedua, diperlukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan taktik pembelajaran personal (seperti gaya humor atau penggunaan media digital) terhadap motivasi belajar siswa di berbagai latar belakang sosial dan karakteristik kelas, untuk mengidentifikasi pola taktik yang paling efektif dalam konteks berbeda. Ketiga, penelitian lanjutan bisa mengeksplorasi potensi pengembangan model pembelajaran baru yang mengintegrasikan elemen literasi digital ke dalam kerangka PAIKEM, guna mengukur bagaimana inovasi ini mendukung kesiapan siswa menghadapi lingkungan belajar yang semakin digital. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan studi ini dengan data empiris dan kontribusi inovatif terhadap praktik pembelajaran di era kontemporer.
| File size | 144.63 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Kewajiban warga negara mengacu pada aturan-aturan yang wajib dipatuhi semua warga negara Indonesia. Norma ini dimaksudkan untuk menegakkan keamanan danKewajiban warga negara mengacu pada aturan-aturan yang wajib dipatuhi semua warga negara Indonesia. Norma ini dimaksudkan untuk menegakkan keamanan dan
OJSOJS Penerapan PBL dengan TARL memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SD. Penerapan model ProblemPenerapan PBL dengan TARL memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SD. Penerapan model Problem
OJSOJS Literasi digital memiliki peranan krusial dalam pendidikan, tidak hanya sebagai kemampuan mengoperasikan komputer tetapi juga mencakup distribusi informasiLiterasi digital memiliki peranan krusial dalam pendidikan, tidak hanya sebagai kemampuan mengoperasikan komputer tetapi juga mencakup distribusi informasi
OJSOJS Faktor risiko yang memperburuk gangguan pernapasan tersebut antara lain usia, durasi paparan, kadar gas serta kualitas mikrobiologi udara yang tidak sesuaiFaktor risiko yang memperburuk gangguan pernapasan tersebut antara lain usia, durasi paparan, kadar gas serta kualitas mikrobiologi udara yang tidak sesuai
Useful /
KJPUPIKJPUPI Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian FGB setelah latihan mengakibatkan kenaikan penumpukan glikogen di otot tulang dan hati. Dengan demikian, ditemukanPenelitian ini menunjukkan bahwa pemberian FGB setelah latihan mengakibatkan kenaikan penumpukan glikogen di otot tulang dan hati. Dengan demikian, ditemukan
KJPUPIKJPUPI This technique has successfully been applied in more than three decades in various industries. Here, the purpose of this study was to describe how to useThis technique has successfully been applied in more than three decades in various industries. Here, the purpose of this study was to describe how to use
KJPUPIKJPUPI Analisis morfometrik daerah aliran sungai melibatkan kuantifikasi jaringan drainase dan parameter terkait seperti gradien dan relief. Geomorfologi kuantitatifAnalisis morfometrik daerah aliran sungai melibatkan kuantifikasi jaringan drainase dan parameter terkait seperti gradien dan relief. Geomorfologi kuantitatif
ECOJOINECOJOIN Penelitian terbatas pada sembilan perusahaan yang konsisten menerbitkan laporan keberlanjutan, sehingga disarankan penelitian selanjutnya memperluas sampelPenelitian terbatas pada sembilan perusahaan yang konsisten menerbitkan laporan keberlanjutan, sehingga disarankan penelitian selanjutnya memperluas sampel