UNAIUNAI
11th International Scholars Conference11th International Scholars ConferenceKecemasan akademik merupakan masalah yang meluas di kalangan mahasiswa. Sementara penelitian sebelumnya menitikberatkan pada faktor eksternal seperti dukungan institusi, sedikit penelitian yang menelaah peran kualitas pribadi. Penelitian ini mengkaji peran self-compassion sebagai mediator dalam hubungan antara grit dan kecemasan akademik pada mahasiswa perguruan tinggi berbasis agama. Tiga instrumen terstandar—Grit Scale (GS), Self-Compassion Scale (SCS), dan Academic Anxiety Scale (AAS)—digunakan untuk mengukur variabel penelitian. Survei daring dilakukan terhadap 306 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi keagamaan. Hasil menunjukkan bahwa self-compassion tidak memiliki pengaruh langsung terhadap hubungan antara grit dan kecemasan akademik (β = -0,018; p = 0,570), tetapi secara parsial memediasi hubungan tersebut (β = -0,097; p = 0,050). Temuan ini mengisyaratkan bahwa self-compassion dapat secara tidak langsung menurunkan kecemasan akademik apabila dipadukan dengan grit. Keseluruhan hasil menegaskan bahwa kualitas pribadi seperti grit dan self-compassion berkontribusi signifikan dalam penurunan kecemasan akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi psikolog pendidikan, pendidik, serta penelitian selanjutnya.
Penelitian ini mengonfirmasi bahwa grit — yang ditandai oleh ketekunan dan gairah dalam mencapai tujuan jangka panjang — secara langsung berkontribusi menurunkan tingkat kecemasan akademik pada mahasiswa.Peran self-compassion sebagai mediator menunjukkan bahwa sikap welas asih terhadap diri sendiri dapat secara tidak langsung membantu mereduksi kecemasan akademik.Meskipun self-compassion tidak memberi pengaruh langsung yang signifikan, kombinasi antara grit dan self-compassion terbukti efektif dalam mengelola stres akademik mahasiswa.
Pertama, sebuah penelitian longitudinal dapat dirancang untuk memantau secara berkala perkembangan aspek grit dan self-compassion pada mahasiswa sepanjang masa perkuliahan (dari tahun pertama hingga kelulusan), dengan pengukuran yang dilakukan setiap semester dan wawancara mendalam untuk mengungkap pola perubahan kualitas pribadi serta fluktuasi tingkat kecemasan akademik beserta faktor-faktor pendukungnya. Kedua, studi komparatif lintas institusi dapat melibatkan sampel mahasiswa dari perguruan tinggi keagamaan, negeri, dan swasta, serta mempertimbangkan variabel konteks budaya dan kurikulum, guna mengevaluasi sejauh mana lingkungan pendidikan dan nilai agama memengaruhi efektivitas grit dan self-compassion dalam mereduksi kecemasan akademik. Ketiga, penelitian eksperimental dapat menguji variabel moderasi seperti jenis kelamin, gaya belajar, dan strategi koping alternatif melalui intervensi terkontrol (misalnya modul pelatihan self-compassion dan latihan ketekunan) untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor tersebut memengaruhi kekuatan mediasi self-compassion dalam hubungan antara grit dan kecemasan akademik. Dengan mengintegrasikan desain longitudinal, komparatif lintas konteks, dan eksperimental moderasi, penelitian lanjutan diharapkan memberikan pemahaman yang komprehensif dan aplikatif tentang interaksi kualitas individu, konteks lembaga, dan strategi koping dalam mengatasi kecemasan akademik pada mahasiswa beragam profil.
- Frontiers | Self-Compassion and Subjective Well-Being Mediate the Impact of Mindfulness on Balanced Time... doi.org/10.3389/FPSYG.2019.00367Frontiers Self Compassion and Subjective Well Being Mediate the Impact of Mindfulness on Balanced Time doi 10 3389 FPSYG 2019 00367
- Frontiers | Examining the Relationship Between Grit and Foreign Language Performance: Enjoyment and Anxiety... doi.org/10.3389/FPSYG.2021.666892Frontiers Examining the Relationship Between Grit and Foreign Language Performance Enjoyment and Anxiety doi 10 3389 FPSYG 2021 666892
| File size | 202.78 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-rU |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN UTUBANIAIN UTUBAN Self-esteem memainkan peran krusial dalam menunjang produktivitas akademik dan pengembangan diri mahasiswa, di mana mahasiswa dengan self-esteem tinggiSelf-esteem memainkan peran krusial dalam menunjang produktivitas akademik dan pengembangan diri mahasiswa, di mana mahasiswa dengan self-esteem tinggi
UNUCIREBONUNUCIREBON Hasil temuan menunjukkan bahwa Spielberger Test Anxiety Inventory (STAI) sering digunakan di kalangan peneliti karena memiliki reliabilitas tinggi danHasil temuan menunjukkan bahwa Spielberger Test Anxiety Inventory (STAI) sering digunakan di kalangan peneliti karena memiliki reliabilitas tinggi dan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Bangkitnya sumber belajar digital telah memicu perdebatan mengenai efektivitas e-book dibandingkan buku cetak dalam kinerja akademik. Mahasiswa universitasBangkitnya sumber belajar digital telah memicu perdebatan mengenai efektivitas e-book dibandingkan buku cetak dalam kinerja akademik. Mahasiswa universitas
UNISLAUNISLA Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu menawarkan pendekatan dinamis dan interaktif dalam pendidikan yang mendorong pembelajaran mendalam, berpikir kritis,Pembelajaran Berbasis Proyek Terpadu menawarkan pendekatan dinamis dan interaktif dalam pendidikan yang mendorong pembelajaran mendalam, berpikir kritis,
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif gaya kognitifAnalisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif gaya kognitif
INTELEKTUALINTELEKTUAL Ini menunjukkan bahwa individu dengan ciri narsisisme cenderung menunjukkan prestasi baik di mata orang lain, sehingga mereka cenderung melakukan segalaIni menunjukkan bahwa individu dengan ciri narsisisme cenderung menunjukkan prestasi baik di mata orang lain, sehingga mereka cenderung melakukan segala
INTELEKTUALINTELEKTUAL Kedua, dukungan berkorelasi positif dan signifikan dengan kinerja akademik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa program mentoring berperan sebagai prediktorKedua, dukungan berkorelasi positif dan signifikan dengan kinerja akademik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa program mentoring berperan sebagai prediktor
INTELEKTUALINTELEKTUAL Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa les privat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematikaSingkatnya, dapat disimpulkan bahwa les privat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika
Useful /
UNAIUNAI Kekurangan pelaporan unsur etika, terutama anonimitas dan hak penarikan diri, menunjukkan kebutuhan akan peningkatan kesadaran dan pelatihan bagi peneliti.Kekurangan pelaporan unsur etika, terutama anonimitas dan hak penarikan diri, menunjukkan kebutuhan akan peningkatan kesadaran dan pelatihan bagi peneliti.
UNAIUNAI Third Culture Kids (TCK) adalah individu yang menghabiskan sebagian besar tahun-tahun pembentukan diri mereka di luar budaya asal orang tua, biasanya karenaThird Culture Kids (TCK) adalah individu yang menghabiskan sebagian besar tahun-tahun pembentukan diri mereka di luar budaya asal orang tua, biasanya karena
CBIORECBIORE The hydrogen producing bacteria from fruit waste digester (FW), cow dung digester (CD), and tofu waste digester (TW) enriched under strictly anaerobicThe hydrogen producing bacteria from fruit waste digester (FW), cow dung digester (CD), and tofu waste digester (TW) enriched under strictly anaerobic
CBIORECBIORE Tingkat beban organik mempengaruhi hasil dan produktivitas biogas pada digester semi‑kontinu. peningkatan beban mengurangi produksi dan hasil biogas.Tingkat beban organik mempengaruhi hasil dan produktivitas biogas pada digester semi‑kontinu. peningkatan beban mengurangi produksi dan hasil biogas.