ALJAMIAHALJAMIAH
Al-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesAl-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesMetode filsafat yang bercorak positivisme-logik dan empirisisme-logik telah memengaruhi perkembangan ilmu-ilmu sosial, termasuk ilmu agama. Namun, pendekatan ini sering kali dipertanyakan karena cenderung memisahkan teori dari praxis, value dari fact, serta scientisme dari hermeneutism. Artikel ini meninjau pergumulan antara paradigma positivisme dan hermeneutik dalam metodologi filsafat serta ilmu agama, dengan fokus pada pentingnya pertautan antara teori dan praxis, serta implikasinya terhadap struktur kehidupan manusia dan lingkungan. Penulis menekankan perlunya pendekatan yang lebih humanistik dan dialogis untuk menghindari kecenderungan scientisme dan positivisme yang mengabaikan aspek subjektifitas dan etika.
Pertautan antara teori dan praxis serta metapisika dan etika menjadi penting untuk dipertimbangkan kembali dalam metodologi filsafat dan ilmu agama.Pendekatan positivisme-logik yang mengutamakan objektivitas dan esensi sering kali mengabaikan konteks sejarah dan subjektivitas manusia, yang dapat mengakibatkan struktur kehidupan sosial dan lingkungan menjadi timpang.Oleh karena itu, diperlukan paradigma baru yang lebih dialogis dan humanistik untuk mengintegrasikan aspek teoretis dan praktis dalam studi filsafat dan agama, serta mengakui peran etika dan praxis dalam membentuk masyarakat yang lebih adil dan harmonis.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan metodologi hermeneutik-dialogis dalam studi filsafat dan agama untuk mengintegrasikan aspek teoretis dan praktis. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran subjektivitas dan etika dalam membentuk struktur sosial dan lingkungan yang lebih adil, terutama dalam konteks agama. Terakhir, penelitian dapat membandingkan pendekatan positivisme dan hermeneutik dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan ketimpangan sosial, dengan mempertimbangkan perspektif budaya dan sejarah yang beragam.
| File size | 1.5 MB |
| Pages | 13 |
| Short Link | https://juris.id/p-qO |
| DMCA | Report |
Related /
ALJAMIAHALJAMIAH Socrates (469-399 SM) dan Suhrawardi (w. 1191 M) hidup di dua dunia yang sangat berbeda, baik secara waktu, tempat, budaya maupun kepercayaan yang adaSocrates (469-399 SM) dan Suhrawardi (w. 1191 M) hidup di dua dunia yang sangat berbeda, baik secara waktu, tempat, budaya maupun kepercayaan yang ada
ALJAMIAHALJAMIAH Pendidikan Islam, yang berdasarkan pada epistemologi Bayani, telah membantu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, perlu diakui bahwaPendidikan Islam, yang berdasarkan pada epistemologi Bayani, telah membantu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, perlu diakui bahwa
ALJAMIAHALJAMIAH Pendekatan ini mengandalkan kerja rasio dalam menangkap realitas dunia empiris, kemudian menganalisisnya melalui kombinasi integral antara fikir dan zikirPendekatan ini mengandalkan kerja rasio dalam menangkap realitas dunia empiris, kemudian menganalisisnya melalui kombinasi integral antara fikir dan zikir
ALJAMIAHALJAMIAH Muhammad Abduh dan Bint al-Shafi berupaya mencari dimensi baru dalam menginterpretasikan narasi-narasi historis yang terkait dengan Ad, Thamud, dan FiraunMuhammad Abduh dan Bint al-Shafi berupaya mencari dimensi baru dalam menginterpretasikan narasi-narasi historis yang terkait dengan Ad, Thamud, dan Firaun
ALJAMIAHALJAMIAH Ia dianggap sebagai orang yang paling mungkin menggantikan pembicara tersebut, padahal ia sama sekali belum punya persiapan bahan yang harus dipresentasikan.Ia dianggap sebagai orang yang paling mungkin menggantikan pembicara tersebut, padahal ia sama sekali belum punya persiapan bahan yang harus dipresentasikan.
ALJAMIAHALJAMIAH Semiotik adalah ilmu tanda yang mempelajari segala sesuatu yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Dalam studi sastra, semiotik dapat digunakan untukSemiotik adalah ilmu tanda yang mempelajari segala sesuatu yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Dalam studi sastra, semiotik dapat digunakan untuk
ALJAMIAHALJAMIAH Makalah ini merupakan studi komparatif terhadap tafsir surat Al-Duha dari tiga karya tafsir Al-Quran: Al-Kashshaf karya Zamakhshari, Tafsir al-Quran al-KarimMakalah ini merupakan studi komparatif terhadap tafsir surat Al-Duha dari tiga karya tafsir Al-Quran: Al-Kashshaf karya Zamakhshari, Tafsir al-Quran al-Karim
UINSIUINSI First, the judges reasoning for applying ex-officio rights, which is referred to Article 41 paragraph (c) of Law Number 16 of 2019 and the Decree of theFirst, the judges reasoning for applying ex-officio rights, which is referred to Article 41 paragraph (c) of Law Number 16 of 2019 and the Decree of the
Useful /
ALJAMIAHALJAMIAH Manusia memiliki berbagai karakteristik yang menentukan sikapnya dalam bermasyarakat. Manusia harus meletakkan berbagai persoalan sesuai dengan proporsinyaManusia memiliki berbagai karakteristik yang menentukan sikapnya dalam bermasyarakat. Manusia harus meletakkan berbagai persoalan sesuai dengan proporsinya
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING Berawal kebiasaan masyarakat menggunakan pupuk kimia dan bahan bakar minyak dalam mengelola pertanian, PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area mencobaBerawal kebiasaan masyarakat menggunakan pupuk kimia dan bahan bakar minyak dalam mengelola pertanian, PT Pertamina Gas Operation Kalimantan Area mencoba
ALJAMIAHALJAMIAH Sibawaih, melalui karyanya yang terkenal, al-Kitab, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan teori-teori kebahasaan. Karya ini tidakSibawaih, melalui karyanya yang terkenal, al-Kitab, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan teori-teori kebahasaan. Karya ini tidak
ALJAMIAHALJAMIAH Tafsir al-Manar adalah kitab tafsir yang menjadi representasi dari gerakan pembaruan Islam abad ke-20, karya kolaborasi antara al-Syaikh Muhammad AbduhTafsir al-Manar adalah kitab tafsir yang menjadi representasi dari gerakan pembaruan Islam abad ke-20, karya kolaborasi antara al-Syaikh Muhammad Abduh