YASIN ALSYSYASIN ALSYS
International Journal of Humanities, Education, and Social SciencesInternational Journal of Humanities, Education, and Social SciencesPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi antara siswa laki‑laki dan perempuan pada kelas XI SMAN 2 Tilatang Kamang. Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap humor guru bersifat positif maupun negatif; (3) terdapat perbedaan respons antara siswa laki‑laki dan perempuan; dan (4) sebagian siswa tidak menyukai humor di kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel total (populasi < 100) dan instrumen kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor yang digunakan termasuk dalam kategori positif, dengan rata‑rata skor humor karikatur 78,07 %, humor cerita pendek/anekdot 78,58 %, humor khusus 74,13 %, dan humor tidak terencana 74,13 %. Siswa perempuan lebih menyukai humor karikatur (78,72 %) sedangkan siswa laki‑laki lebih menyukai cerita pendek (78,39 %). Secara keseluruhan, persepsi siswa perempuan (75,73 %) lebih tinggi dibandingkan persepsi siswa laki‑laki (73,81 %).
Penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris berada pada kategori positif dengan nilai rata‑rata 75,02 % (rentang 61‑80 %).Baik siswa laki‑laki maupun perempuan memiliki persepsi positif, namun siswa perempuan menunjukkan persepsi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa laki‑laki.Selain itu, humor karikatur dan cerita pendek lebih disukai oleh siswa perempuan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh spesifik jenis-jenis humor (misalnya humor terencana versus tidak terencana) terhadap pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan mengukur perubahan nilai ujian sebelum dan sesudah penerapan humor. Selanjutnya, perlu dilakukan studi yang menelusuri perbedaan gender dalam respons terhadap humor yang bersifat stereotip atau seksual, untuk memahami apakah jenis humor tersebut memengaruhi motivasi belajar dan kenyamanan belajar siswa secara berbeda. Selain itu, penelitian jangka panjang dapat mengevaluasi dampak integrasi humor secara berkelanjutan terhadap motivasi, retensi materi, dan kepuasan belajar siswa selama beberapa semester, sehingga dapat memberikan pedoman praktis bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan inklusif.
| File size | 310.62 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-ne |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Karena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi data hasil dan data proses pembelajaran padaKarena itu disarankan agar pengguna media pembelajaran diterapkan pada setiap pembelajaran. Dari deskripsi data hasil dan data proses pembelajaran pada
POLNAMPOLNAM Disimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaranDisimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaran
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Mambaul Ulum Paiton berfokus pada peningkatan literasi digital siswa kelas XII melalui pelatihan MicrosoftProgram Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Mambaul Ulum Paiton berfokus pada peningkatan literasi digital siswa kelas XII melalui pelatihan Microsoft
ARIPIARIPI Sampel terdiri dari 40 siswa, yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan dari dua kelas. Hasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangatSampel terdiri dari 40 siswa, yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan dari dua kelas. Hasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangat
UBUB ILM dalam pemasaran sosial dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan serta penempatan media ILM sehingga lebih mampu mendorong konsumen untukILM dalam pemasaran sosial dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan serta penempatan media ILM sehingga lebih mampu mendorong konsumen untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui analisis isi bukuSubjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui analisis isi buku
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.
Useful /
UMKUMK Implikasi untuk strategi pemasaran adalah industri pariwisata harus merancang destinasi yang memfasilitasi kesehatan mental seimbang dengan kesehatan fisik.Implikasi untuk strategi pemasaran adalah industri pariwisata harus merancang destinasi yang memfasilitasi kesehatan mental seimbang dengan kesehatan fisik.
UMKUMK Beberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkan keunggulan ini dan karenanya meningkatkan kinerja pemasaran: UMKM harus: aktif dan cepat menciptakanBeberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkan keunggulan ini dan karenanya meningkatkan kinerja pemasaran: UMKM harus: aktif dan cepat menciptakan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajarHasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar