HELVETIAHELVETIA
Jurnal Dunia GiziJurnal Dunia GiziVitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi yang Anda makan untuk menghindari anemia. Pendidikan gizi anemia dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah kebiasaan makan untuk meningkatkan konsumsi zat besi dan vitamin C. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan perubahan konsumsi zat besi dan vitamin C di kalangan remaja putri setelah menerima konseling gizi tentang anemia. Penelitian ini menggunakan CRT (cluster randomized trial) dengan pengacakan untuk menetapkan kelompok perlakuan dan kontrol. Sebanyak 99 peserta ditugaskan ke kelompok perlakuan, sedangkan 101 ditugaskan ke kelompok kontrol. Edukasi gizi online terdiri dari 6 sesi, masing-masing berlangsung selama 2 minggu, dilanjutkan dengan refleksi selama sebulan. Teknik SQ-FFQ digunakan untuk mengumpulkan informasi konsumsi zat besi dan vitamin C. Data konsumsi zat besi dianalisis menggunakan Independent T-test, sedangkan data asupan vitamin C dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan asupan besi pada kelompok perlakuan dan penurunan asupan pada kelompok kontrol (3,10 mg/hari vs -0,71 mg/hari; p=0,001), sedangkan asupan vitamin C (7,22 mg/hari vs 3,02 mg/hari; p=0,014). Kesimpulan penelitian ini adalah setelah menerima konseling gizi, konsumsi zat besi dan vitamin C pada kelompok perlakuan meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kebiasaan makan remaja muda dapat diubah dengan bantuan pendidikan gizi online untuk menghindari anemia.
Konsumsi zat besi dan vitamin C dapat dipengaruhi oleh pemberian edukasi gizi melalui media video naratif.Adanya perbedaan asupan besi vitamin C antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.Asupan besi dan vitamin C yang paling sering dikonsumsi adalah tempe dan jeruk manis.Remaja putri diharapkan dapat meningkatkan asupan besi dan vitamin C setelah mendapatkan pendidikan gizi dan konsisten dalam menerapkan perilaku makan yang baik dan seimbang.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dipertimbangkan beberapa saran berikut: Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas pendidikan gizi anemia daring dalam meningkatkan asupan zat besi dan vitamin C pada remaja putri di berbagai wilayah dan dengan metode yang berbeda. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari pendidikan gizi anemia daring terhadap kebiasaan makan dan kesehatan remaja putri. Ketiga, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas pendidikan gizi anemia daring dengan metode pendidikan gizi lainnya, seperti ceramah atau brosur, untuk menentukan metode yang paling efektif dalam meningkatkan asupan zat besi dan vitamin C pada remaja putri.
| File size | 265.71 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
UNIPASBYUNIPASBY Pemberian VCO pada balita stunting ditujukan untuk memperbaiki fungsi metabolik, meningkatkan imunitas, mengoptimalkan tumbuh kembang dan kualitas statusPemberian VCO pada balita stunting ditujukan untuk memperbaiki fungsi metabolik, meningkatkan imunitas, mengoptimalkan tumbuh kembang dan kualitas status
POLTEKKES KDIPOLTEKKES KDI Tujuan: Mengevaluasi pengaruh penambahan ekstrak jahe pada jus buah naga merah terhadap kadar hemoglobin ibu hamil dengan anemia ringan. Metode: PenelitianTujuan: Mengevaluasi pengaruh penambahan ekstrak jahe pada jus buah naga merah terhadap kadar hemoglobin ibu hamil dengan anemia ringan. Metode: Penelitian
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengkajian data subjektif, objektif, analisa, penatalaksanaan dan evaluasi pada ibu hamil multigravida G3P2A0 usiaTujuan penelitian ini mendeskripsikan pengkajian data subjektif, objektif, analisa, penatalaksanaan dan evaluasi pada ibu hamil multigravida G3P2A0 usia
AIPKEMAAIPKEMA Anemia pada ibu hamil bukanlah masalah sederhana karena sel darah merah mempunyai peranan penting membawa nutrisi dan oksigen untuk pertumbuhan janin.Anemia pada ibu hamil bukanlah masalah sederhana karena sel darah merah mempunyai peranan penting membawa nutrisi dan oksigen untuk pertumbuhan janin.
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstandarisasi berbahasa Indonesia dan dianalisis secara univariat serta bivariat dengan uji Chi‑Square. SebagianData dikumpulkan menggunakan kuesioner terstandarisasi berbahasa Indonesia dan dianalisis secara univariat serta bivariat dengan uji Chi‑Square. Sebagian
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Populasi penelitian adalah 290 ibu hamil yang memeriksakan diri di Puskesmas Malawili. Jumlah sampel adalah 36 orang dengan teknik purposive sampling.Populasi penelitian adalah 290 ibu hamil yang memeriksakan diri di Puskesmas Malawili. Jumlah sampel adalah 36 orang dengan teknik purposive sampling.
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Mahasiswi perlu waspada dalam mengonsumsi kopi siap minum untuk menghindari risiko anemia defisiensi besi. Penelitian lanjutan diperlukan menggunakan metodeMahasiswi perlu waspada dalam mengonsumsi kopi siap minum untuk menghindari risiko anemia defisiensi besi. Penelitian lanjutan diperlukan menggunakan metode
ITEKES BALIITEKES BALI Kompyang yang telah dimodifikasi menunjukkan potensi sebagai makanan ringan yang bergizi untuk balita, namun diperlukan pengembangan lebih lanjut untukKompyang yang telah dimodifikasi menunjukkan potensi sebagai makanan ringan yang bergizi untuk balita, namun diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk
Useful /
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Salah satu keluhan umum yang dialami adalah gangguan tidur malam, yang dapat berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untukSalah satu keluhan umum yang dialami adalah gangguan tidur malam, yang dapat berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi puting terhadap frekuensi kontraksi uterus pada ibu hamil cukup bulan menggunakan pendekatanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi puting terhadap frekuensi kontraksi uterus pada ibu hamil cukup bulan menggunakan pendekatan
AMIKOM PURWOKERTOAMIKOM PURWOKERTO Dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung ketiga aspek ini, perusahaan dapat mendorong peningkatan kinerja secara berkelanjutan dan holistik.Dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung ketiga aspek ini, perusahaan dapat mendorong peningkatan kinerja secara berkelanjutan dan holistik.
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Berdasarkan data di wilayah kerja Puskesmas Mrican pada tahun 2018 prosentase cakupan pemberian ASI eksklusif yaitu 55,8%. Penyebab rendahnya cakupan ASIBerdasarkan data di wilayah kerja Puskesmas Mrican pada tahun 2018 prosentase cakupan pemberian ASI eksklusif yaitu 55,8%. Penyebab rendahnya cakupan ASI