INSCHOOLINSCHOOL

GHMJ (Global Health Management Journal)GHMJ (Global Health Management Journal)

Hipertensi adalah masalah kesehatan global dan nasional yang signifikan, dengan prevalensi yang terus meningkat dan dapat berawal sejak usia remaja akibat gaya hidup tidak sehat serta kurangnya pengetahuan mengenai risiko dan praktik gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan pengetahuan remaja tentang hipertensi melalui edukasi gizi. Studi ini dilaksanakan di sebuah Sekolah Menengah Atas di Palangka Raya, melibatkan 40 siswa berusia 15-18 tahun. Edukasi gizi disampaikan menggunakan media audio-visual dan leaflet, disertai dengan penilaian pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan pada siswa tentang hipertensi setelah menerima edukasi gizi (p=0.000), dengan 95% siswa mencapai tingkat pengetahuan yang cukup atau baik. Sebagai kesimpulan, program edukasi gizi terpadu untuk remaja ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan terkait gizi secara signifikan sebagai langkah awal pencegahan hipertensi.

Sebagai kesimpulan, sangat penting untuk memberikan pengetahuan dini tentang hipertensi kepada remaja mengingat mereka rentan terhadap perubahan gaya hidup perilaku yang tidak stabil.Program edukasi gizi terpadu untuk remaja ini dapat secara signifikan meningkatkan pengetahuan terkait gizi di kalangan siswa.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa edukasi gizi efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang hipertensi. Untuk memperkaya pemahaman kita, ada beberapa arah penelitian lanjutan yang menarik. Pertama, akan sangat berharga jika studi serupa diperluas cakupannya dengan melibatkan lebih banyak remaja dari berbagai wilayah geografis dan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda. Hal ini akan membantu memastikan apakah program edukasi gizi ini tetap relevan dan efektif di populasi yang lebih luas dan beragam, tidak hanya terbatas pada satu sekolah. Kedua, penelitian mendatang dapat berfokus pada dampak jangka panjang dari edukasi gizi ini, tidak hanya pada peningkatan pengetahuan, tetapi juga pada perubahan perilaku nyata dalam gaya hidup sehari-hari remaja. Misalnya, apakah pengetahuan yang didapat benar-benar diterjemahkan menjadi kebiasaan makan yang lebih sehat, peningkatan aktivitas fisik, atau bahkan perubahan pada indikator kesehatan fisik seperti berat badan atau tekanan darah. Ini bisa dilakukan melalui studi longitudinal yang memantau partisipan selama beberapa waktu. Terakhir, sangat penting untuk menguji dan membandingkan efektivitas berbagai metode edukasi gizi yang lebih inovatif dan interaktif. Misalnya, apakah penggunaan aplikasi seluler dengan elemen gamifikasi, media sosial interaktif, atau program berbasis komunitas yang melibatkan keluarga dan guru secara aktif, bisa lebih efektif dalam menarik perhatian remaja dan mempertahankan minat mereka dalam jangka panjang dibandingkan metode konvensional. Mengembangkan dan mengevaluasi pendekatan multifaset seperti ini dapat memberikan wawasan baru tentang cara terbaik untuk membekali remaja dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mencegah hipertensi sejak dini, menjamin masa depan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

  1. How education on nutrition increases knowledge of hypertension among the adolescents | GHMJ (Global Health... publications.inschool.id/index.php/ghmj/article/view/601How education on nutrition increases knowledge of hypertension among the adolescents GHMJ Global Health publications inschool index php ghmj article view 601
  1. #program edukasi masyarakat#program edukasi masyarakat
  2. #aktivitas fisik remaja#aktivitas fisik remaja
Read online
File size1.12 MB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test