STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website untuk mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) diterapkan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima fase: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 8 SMPS Kristen Makedonia Ngabang dengan 27 peserta dan enam orang untuk uji validitas berdasarkan ahli desain media, ahli media, dan ahli konten matematika. Instrumen kuesioner dan skala sikap digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dan kualitatif. Secara keseluruhan, berdasarkan analisis data (dengan rentang frekuensi 1 sampai 5), ditemukan bahwa desain media telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 4,76. Meskipun demikian, hasil analisis penilaian empiris untuk prosedur individu, kelompok kecil, dan uji lapangan untuk 27 siswa di SMPS Kristen Makedonia Ngabang kelas 8 menyatakan bahwa siswa sangat senang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website dengan rata-rata nilai 6,25 dengan rentang frekuensi 1 hingga 7. Selanjutnya, menurut hasil kuesioner sikap efektivitas terhadap media dan analisis pra-perlakuan serta pasca perlakuan yang melibatkan 30 siswa, ditemukan perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website untuk mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan produk akhir menunjukkan sikap senang siswa dan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran multimedia interaktif berbasis website.Rata-rata skor untuk sikap siswa adalah 6,25 dari rentang 1-7, sehingga sikap siswa dikategorikan sangat senang terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website.Perolehan skor pretest dan posttest dari penggunaan multimedia siswa diukur melalui t-test menunjukkan t_o ≥ t_table, yaitu 7,600 ≥ 2,045.Pembelajaran multimedia interaktif berbasis website dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika.Hasil dari tes efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website dapat dikategorikan sangat efektif.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengkaji lebih dalam tentang dampak jangka panjang penggunaan multimedia interaktif berbasis website terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Pertanyaan penelitian yang bisa diajukan adalah, Bagaimana pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kalangan siswa dengan latar belakang yang berbeda? Selain itu, penting untuk mengeksplorasi variasi dalam desain multimedia interaktif untuk menarik minat siswa yang beragam serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa agar dapat lebih efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang penerapan teknologi dalam pendidikan serta efektivitasnya dalam berbagai konteks.
| File size | 446.5 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, melakukan repatriasi anak pekerja migran agar dapat menempuh pendidikan di Indonesia melalui sekolah mitraPemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, melakukan repatriasi anak pekerja migran agar dapat menempuh pendidikan di Indonesia melalui sekolah mitra
IPBIPB Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikirData kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kecemasan matematika, faktor penyebabnya, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasarkan tahapanPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan kecemasan matematika, faktor penyebabnya, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasarkan tahapan
EDUPEDEDUPED Partisipan terdiri dari 30 siswa kelas tujuh. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengkaji hasil belajarPartisipan terdiri dari 30 siswa kelas tujuh. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengkaji hasil belajar
UAJYUAJY Namun, terdapat keterbatasan pada durasi pelatihan yang melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk pengembanganNamun, terdapat keterbatasan pada durasi pelatihan yang melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk pengembangan
ETDCIETDCI Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai memiliki motivasi sedang dalam pembelajaran matematika pada pembelajaranDapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai memiliki motivasi sedang dalam pembelajaran matematika pada pembelajaran
ETDCIETDCI Melalui tiga tahapan tersebut pembelajaran belum efektif dengan beberapa kendala yang dialami guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilMelalui tiga tahapan tersebut pembelajaran belum efektif dengan beberapa kendala yang dialami guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
PUSKOMCERIAPUSKOMCERIA Siswa lebih menikmati dan tertarik dalam pembelajaran, serta lebih aktif ketika belajar dalam sebuah grup. Dengan demikian, strategi PQRST dengan mediaSiswa lebih menikmati dan tertarik dalam pembelajaran, serta lebih aktif ketika belajar dalam sebuah grup. Dengan demikian, strategi PQRST dengan media
Useful /
ECOJOINECOJOIN Hasil ini menunjukkan bahwa perubahan anggaran sangat penting dalam merespon besaran penerimaan dan jumlah anggota dewan mencerminkan kepentingan yangHasil ini menunjukkan bahwa perubahan anggaran sangat penting dalam merespon besaran penerimaan dan jumlah anggota dewan mencerminkan kepentingan yang
ECOJOINECOJOIN Uji korelasi menunjukkan hubungan kuat namun tidak signifikan antara praktik good corporate governance dan kinerja. Analisis data menunjukkan bahwa praktikUji korelasi menunjukkan hubungan kuat namun tidak signifikan antara praktik good corporate governance dan kinerja. Analisis data menunjukkan bahwa praktik
UNILAUNILA Urea adalah jenis pupuk dengan kandungan nitrogen yang cukup tinggi (46%). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh inokulasi Rhizobium terhadapUrea adalah jenis pupuk dengan kandungan nitrogen yang cukup tinggi (46%). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh inokulasi Rhizobium terhadap
UNILAUNILA Pemberian Bio-Nature 50 dengan konsentrasi 0,1 %, 0,2 % dan 0,3 % pada media yang telah diinokulasikan ektomikoriza memberikan hasil yang sama baiknyaPemberian Bio-Nature 50 dengan konsentrasi 0,1 %, 0,2 % dan 0,3 % pada media yang telah diinokulasikan ektomikoriza memberikan hasil yang sama baiknya