UACUAC

Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamNidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk meninjau kegunaan Kerangka Pengembangan Keterampilan Penelitian (RSD) di kalangan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Konsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswa sekolah dasar maupun perguruan tinggi. Karena kerangka kerja penelitian ini berhasil di banyak negara, kami berencana untuk meninjau dan melihat kegunaan kerangka RSD bagi kalangan akademik di Indonesia. Untuk memudahkan peninjauan inii, kami telah mencoba mereview beberapa dokumen penting terkait dengan konsep, penerapannya, evaluasi beserta rubrik penilaiannya dari kerangka riset ini. Selanjutnya, kami melaporkannya sebagai dokumen pengenalan kerangka pengembangan penelitian. Dengan harapan dokumen ini menjadi cikal bakal pengenalan dan pengembangan di kalangan perguruan tinggi khususnya yang sedang menyelesaikan tugas-tugas akademik yang melibatkan keterampilan penelitian untuk keperluan publikasi atau tujuan pengembangan kecakapan riset akademik. Namun, banyak hal yang akan menantang studi semacam ini, sesuatu yang baru bagi konsep studi konfirmatif di Indonesia, termasuk beberapa istilah baru dalam kerangka riset yang membutuhkan notasi pemahaman baru.

Penelitian ini bertujuan mengkaji kegunaan kerangka RSD yang telah menjadi acuan di banyak negara maju untuk pendidikan tinggi.Kerangka RSD terdiri dari enam aspek penelitian vertikal dan lima tingkat otonomi horizontal mahasiswa, yang menggambarkan progresi dari ketergantungan rendah hingga otonomi tinggi dalam pembelajaran berbasis riset.Dengan dukungan bukti dari sepuluh studi internasional, kerangka ini terbukti sangat bermanfaat dan dapat diadopsi untuk mengembangkan pola pikir serta kompetensi riset yang kaya bagi peneliti dan mahasiswa pascasarjana di Indonesia.

Melihat potensi besar Kerangka Pengembangan Keterampilan Riset (RSD) untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, terdapat beberapa arah penelitian lanjutan yang krusial. Pertama, bagaimana model adaptasi dan lokalisasi kerangka RSD yang paling efektif untuk diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan tinggi di Indonesia? Studi ini dapat mengeksplorasi penyesuaian kurikulum, pengembangan rubrik penilaian yang kontekstual, serta model pelatihan bagi dosen yang mempertimbangkan budaya akademik dan tingkat literasi riset mahasiswa Indonesia yang beragam. Penelitian selanjutnya harus fokus pada sejauh mana implementasi kerangka RSD secara sistematis dan terstruktur dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi riset, kemampuan berpikir kritis, dan kemandirian belajar mahasiswa Indonesia. Penting untuk melakukan studi empiris, mungkin dalam bentuk studi kasus longitudinal atau perbandingan antar institusi, untuk mengukur dampak kuantitatif dan kualitatif RSD terhadap capaian akademik mahasiswa, kesiapan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja, serta minat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Terakhir, penelitian perlu mengidentifikasi strategi pedagogis dan dukungan apa yang paling efektif untuk mengatasi tantangan implementasi kerangka RSD di Indonesia. Ini mencakup penyelidikan terhadap solusi untuk hambatan bahasa dalam kolaborasi riset internasional, pengembangan bahan ajar yang dapat menjembatani kesenjangan basis pengetahuan awal mahasiswa, dan penciptaan lingkungan belajar yang mendukung adopsi RSD secara inklusif dan berkelanjutan di seluruh spektrum perguruan tinggi di Indonesia.

  1. #literasi riset komunikasi#literasi riset komunikasi
Read online
File size219.28 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test