CAHAYA ICCAHAYA IC

Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education Journal

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bantuan Powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP 1 BPR Ranau Tengah. Metodologi: Penelitian kualitatif menggunakan perangkat lunak Powtoon untuk mendesain media instruksional. Data dikumpulkan melalui panduan wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil: Penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis, terutama dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun ide secara logis. Keterbatasan seperti koneksi internet yang tidak stabil dan perangkat dianggap sebagai tantangan, tetapi respon keseluruhan terhadap media Powtoon positif dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam efektivitas pembelajaran.

Media pembelajaran berbasis Powtoon di SMP 1 BPR Ranau Tengah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penyajian materi interaktif, menarik, dan mudah dipahami.Pendekatan ini mendorong siswa untuk memahami materi secara mendalam, mengasah kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis informasi, serta menghubungkan konsep pelajaran dengan konteks nyata.Media pembelajaran berbasis digital seperti Powtoon perlu diterapkan secara luas untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.

Penelitian lanjutan bisa fokus pada evaluasi penggunaan media berbasis Powtoon di berbagai tingkat pendidikan untuk membandingkan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, perlu dikembangkan strategi pelatihan khusus bagi guru dalam penggunaan teknologi digital agar implementasi media ini optimal di semua sekolah. Studi lanjut juga dapat menggabungkan Powtoon dengan pendekatan pembelajaran lain, seperti pembelajaran berbasis proyek, untuk menguji dampaknya terhadap keterampilan sosial dan kolaboratif siswa.

  1. Pengaruh Video Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Proses IPA di Kelas V SDN 067774 | Tanjung | Jurnal... doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16418Pengaruh Video Animasi Powtoon terhadap Keterampilan Proses IPA di Kelas V SDN 067774 Tanjung Jurnal doi 10 30596 jppp v4i3 16418
  2. Development of Powtoon-Assisted Learning Media to Improve Students' Critical Thinking Skills in... cahaya-ic.com/index.php/ISEJ/article/view/1859Development of Powtoon Assisted Learning Media to Improve Students Critical Thinking Skills in cahaya ic index php ISEJ article view 1859
  3. PowToon-Based Video Media for Teaching English for Young Learners: An Example of Design and Development... atlantis-press.com/proceedings/icirad-19/125932505PowToon Based Video Media for Teaching English for Young Learners An Example of Design and Development atlantis press proceedings icirad 19 125932505
  4. Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar | Journal... jonedu.org/index.php/joe/article/view/2908Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Journal jonedu index php joe article view 2908
  1. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size588.23 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test