UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Studi ini menyelidiki peran instruksi strategi metakognitif dalam memupuk otonomi pembelajar di kalangan siswa muda pembelajar bahasa asing (EFL). Menggunakan partisipan aksi penelitian, penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan 18 siswa kelas empat dalam intervensi instruksional yang disusun berdasarkan kerangka reflektif Plan Do Review. Data dikumpulkan terutama melalui observasi kelas. Temuan menunjukkan bahwa instruksi eksplisit yang mencakup penetapan tujuan, scaffolding multimo, dan refleksi terstruktur meningkatkan kesadaran metakognitif pembelajar dan mendorong otonomi pembelajar yang lebih besar. Implikasi praktis termasuk rekomendasi untuk mengintegrasikan refleksi terstruktur di kelas EFL dan menekankan pelatihan diferensiasi serta adaptif bagi guru.

Studi ini menunjukkan bahwa kerangka kerja reflektif terstruktur, siklus belajar Plan Do Review, dapat diintegrasikan ke dalam praktik kelas harian untuk mendukung otonomi pembelajar.Temuan menegaskan peran strategi metakognitif dalam mengembangkan otonomi siswa muda EFL melalui penyediaan tujuan yang jelas, scaffolding multimo, dan refleksi berkala.Keterbatasan studi ini termasuk konteks tunggal dan kebutuhan untuk memperluas penelitian terhadap dampak jangka panjang dari instruksi metakognitif.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang penerapan refleksi terstruktur terhadap otonomi pembelajar di berbagai konteks sekolah. Selain itu, perlu membandingkan efektivitas berbagai kerangka kerja metakognitif untuk pendidikan bahasa awal. Studi juga bisa meneliti pengembangan program pelatihan guru yang spesifik untuk memfasilitasi penggunaan strategi reflektif di kelas EFL.

  1. The Importance of English Language in Tourism Sector: A Study in Socotra Island | Journal of Language... doi.org/10.71194/jlla.v2i2.116The Importance of English Language in Tourism Sector A Study in Socotra Island Journal of Language doi 10 71194 jlla v2i2 116
  2. Students’ Strategies and Self-Efficacy in Reading Comprehension | Journal of Language Learning... e-journal.naifaderu.org/index.php/jlla/article/view/75StudentsAo Strategies and Self Efficacy in Reading Comprehension Journal of Language Learning e journal naifaderu index php jlla article view 75
  3. Metacognitive instruction in listening for young learners | ELT Journal | Oxford Academic. instruction... doi.org/10.1093/elt/ccl002Metacognitive instruction in listening for young learners ELT Journal Oxford Academic instruction doi 10 1093 elt ccl002
  4. Desarrollo de las habilidades de escucha y habla en aprendices principiantes de inglés como lengua... doi.org/10.17151/rlee.2021.17.1.7Desarrollo de las habilidades de escucha y habla en aprendices principiantes de inglys como lengua doi 10 17151 rlee 2021 17 1 7
  5. Reflection as a Means to Develop Young Learners’ Metacognition – an exploratory study | Sensos-e.... doi.org/10.34630/sensos-e.v5i1.2511Reflection as a Means to Develop Young LearnersAo Metacognition Ae an exploratory study Sensos e doi 10 34630 sensos e v5i1 2511
File size1.13 MB
Pages25
DMCAReportReport

ads-block-test