UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kebijakan bahasa bilingual dan implikasinya bagi multibudaya serta internasionalisasi pendidikan tinggi. Desain penelitian meta-analisis memungkinkan peneliti untuk mencari dokumen publik terkait yang tersedia. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan bahasa bilingual di pendidikan tinggi memfasilitasi pelestarian identitas lokal dan nasional, memupuk interaksi pendidikan multibudaya, serta mendukung internasionalisasi universitas. Penelitian ini merekomendasikan investigasi lebih dalam di lingkungan multibudaya dengan pendekatan longitudinal.

Implementasi kebijakan bahasa bilingual mendorong kompetensi bahasa global dan interkultural serta mempromosikan atmosfer internasionalisasi di pendidikan tinggi.Kebijakan ini juga mempertahankan identitas lokal dan nasional sekaligus mencegah hilangnya bahasa nasional.Penelitian lebih dalam berbasis longitudinal dan konteks multibudaya diperlukan untuk memahami esensi budaya bahasa dalam pendidikan.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi implementasi kebijakan bilingual di berbagai wilayah multibudaya di Indonesia untuk memahami dampak lokal terhadap kebijakan. Studi longitudinal diperlukan untuk melacak efek jangka panjang kebijakan bilingual terhadap kompetensi siswa. Riset perbandingan antar universitas Indonesia dan negara lain bisa mengidentifikasi praktik terbaik dalam pengembangan pendidikan bilingual.

  1. A Meta-Analysis of Language Policy on Bilingual Education in Indonesian Universities: Implication for... doi.org/10.26858/ijole.v6i2.35072A Meta Analysis of Language Policy on Bilingual Education in Indonesian Universities Implication for doi 10 26858 ijole v6i2 35072
  2. Language policy for higher education in South Africa: implications and complications | South African... doi.org/10.4314/sajhe.v18i1.25428Language policy for higher education in South Africa implications and complications South African doi 10 4314 sajhe v18i1 25428
File size281.57 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test