UPIUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Matematika secara fundamental penting bagi bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta rekayasa. Namun studi preliminernya menemukan bahwa pencapaian siswa dalam mata pelajaran Matematika terkait erat dengan tiga faktor utama, yaitu minat, sikap, dan kebiasaan belajar, sebagaimana dijabarkan dalam Model KASH (Knowledge, Attitude, Skills and Habits). Model ini menyatakan bahwa kinerja buruk tidak hanya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan tetapi juga sikap dan kebiasaan yang buruk. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki tingkat dan hubungan antar minat, sikap, serta kebiasaan belajar siswa berdasarkan Model KASH. Peserta studi terdiri atas 58 mahasiswa Teknik Mesin yang mengikuti mata kuliah Termodinamika, Fluid Mechanics, dan Solid Mechanics. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berisikan 21 item dengan analisis deskriptif mean dan persentase, serta uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing faktor berada pada level yang tinggi, dan terdapat hubungan korelasi kuat antara minat dan sikap (r = 0,82). Implikasi dari temuan ini menyiratkan bahwa proses pengajaran dan pembelajaran harus secara seimbang menumbuhkembangkan ketiga variabel tersebut untuk meningkatkan pencapaian siswa, khususnya pada mata pelajaran Matematika.

Pembelajaran matematika memiliki peran fundamental dalam pengembangan ilmu STEM.Penelitian ini menemukan hubungan antara minat, sikap, dan kebiasaan belajar siswa dengan pencapaian akademik.Variabel-variabel ini diyakini mempengaruhi prestasi siswa, menjadikan analisis lebih lanjut sebagai langkah penting.

Pertama, perlu dilakukan penelitian komprehensif longitudinal untuk menguji dinamika sebab akibat antara minat, sikap, dan kebiasaan belajar terhadap pencapaian matematika, sehingga dapat mengidentifikasi bagaimana perubahan pada satu variabel mempengaruhi yang lain sepanjang semester. Kedua, studi berikutnya harus menjelajahi hubungan antara strategi pengajaran, dukungan guru, dan perilaku belajar sadar siswa, karena unsur ini tampaknya berpotensi memperkuat kebiasaan belajar yang belum terhubung secara signifikan dengan minat maupun sikap dalam penelitian ini. Ketiga, penelitian tambahan dapat memanfaatkan intervensi berbasis teknologi—seperti simulasi interaktif, game edukasi, dan platform pembelajaran online—untuk meningkatkan minat dan kebiasaan belajar, memungkinkan evaluasi efektivitas alat bantu digital dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa di kelas. Keempat, karena sampel penelitian terkonsentrasi pada jurusan Teknik Mesin, perlu memperluas ruang lingkup ke bidang lain, seperti Humaniora atau Seni, guna menentukan apakah pola hubungan antar variabel tetap konsisten lintas disiplin. Kelima, pengembangan instrumen pengukuran kebiasaan belajar yang lebih spesifik, mencakup aspek disiplin waktu dan teknik memproses informasi, dapat memperkaya pemahaman tentang faktor-faktor yang memandu perilaku belajar siswa. Keenam, kontak antara minat dan sikap dapat ditingkatkan dengan membangun model motivasi yang lebih holistik, memperhatikan peran faktor kontekstual seperti lingkungan belajar dan harapan pembina, sehingga dapat menghasilkan strategi pembelajaran yang lebih adaptif. Ketujuh, mengimplementasikan desain eksperimental dengan kelompok kontrol dan eksperimen dapat menilai dampak langsung pemrosesan materi matematika melalui pendekatan KASH. Kedelapan, kolaborasi lintas disiplin antara pendidik matematika dan psikolog pendidikan dapat menghasilkan intervensi yang terintegrasi, memadukan teknik pembelajaran kognitif dan emosional. Kesembilan, analisis data menggunakan model struktural seperti SEM dapat memvisualisasikan hubungan kompleks antar variabel dan menyediakan parameter estimasi yang lebih akurat. Kesepuluh, peneliti juga dapat mengimplementasikan survei longitudinal pada fase awal masa belajar siswa, sehingga pergerakan nilai minat, sikap, dan kebiasaan dapat dipantau secara real time, menambah nilai prediktif dalam merancang intervensi berbasis data.

File size439.31 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test