SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Beberapa penelitian terbaru mulai menghubungkan keyakinan agama dengan perilaku berkelanjutan. Oleh karena itu, ada kemungkinan besar bahwa keyakinan religius mahasiswa dapat menjadi dorongan kuat untuk menerapkan pengetahuan keberlanjutan. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD) di universitas seharusnya tidak dipisahkan dari keyakinan religius yang bermakna para mahasiswa. Oleh karena itu, kami mengusulkan pandangan dunia teosentris, yang berpusat pada hubungan religius-spiritual dengan Tuhan, untuk dimasukkan sebagai bagian dari ESD. Pandangan dunia ini penting agar konten ESD menjadi bermakna bagi mahasiswa religius. Dalam makalah ini, kami menggunakan konsep religius-spiritual dari ajaran Islam sebagai contoh bagaimana keyakinan agama dapat ditanamkan dalam ESD bagi mahasiswa universitas.

Empat konsep religius-spiritual dalam ajaran Islam—Tauhid, Fitrah, Mizan, dan Khalifah—membentuk pandangan dunia teosentris untuk ESD yang selaras dengan gerakan ekologi dalam.Pandangan ini menempatkan Tuhan sebagai Pencipta alam yang seimbang, dengan manusia sebagai penanggung jawab untuk mempertahankan keseimbangan tersebut saat memanfaatkan alam.Pendidikan yang mengintegrasikan pandangan teosentris tidak hanya memungkinkan mahasiswa mengekspresikan makna religius-spiritual mereka, tetapi juga menghasilkan lulusan yang utuh, yang mampu menghargai kesucian ekosistem, mencintai alam, dan melindunginya dari eksploitasi berlebihan.

Penelitian lanjutan dapat menguji bagaimana kurikulum ESD yang dirancang berdasarkan pandangan teosentris Islam memengaruhi sikap dan perilaku mahasiswa terhadap lingkungan, dengan membandingkan kelompok yang menerima konten ini terhadap kelompok yang hanya menerima pendekatan sekuler. Selain itu, perlu diteliti apakah pendekatan serupa yang diadaptasi dari ajaran agama lain—seperti Hindu, Buddha, atau Tao—juga dapat meningkatkan keterlibatan spiritual dalam keberlanjutan, dan bagaimana perbedaan konseptual antaragama tersebut memengaruhi efektivitasnya. Terakhir, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat apakah penerapan konten teosentris di perguruan tinggi berdampak jangka panjang pada kesadaran lingkungan dan tindakan nyata mahasiswa setelah lulus, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kebijakan institusional di lingkungan kerja mereka. Dengan memahami bagaimana akar spiritual memperdalam komitmen terhadap keberlanjutan, pendidikan tinggi dapat menjadi jembatan yang lebih kuat antara keyakinan pribadi dan tanggung jawab global.

  1. The Theocentric Worldview: Sustainability Education for Religion and Spiritual | Jurnal Ilmiah Peuradeun.... doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.587The Theocentric Worldview Sustainability Education for Religion and Spiritual Jurnal Ilmiah Peuradeun doi 10 26811 peuradeun v9i2 587
  2. The Challenges of Higher Education in Growing Dialogue Culture and Understanding Cultural Pluralism |... doi.org/10.26811/peuradeun.v5i3.183The Challenges of Higher Education in Growing Dialogue Culture and Understanding Cultural Pluralism doi 10 26811 peuradeun v5i3 183
  3. Project MUSE - For They Do Not Agree In Nature: Spinoza and Deep Ecology. project muse agree nature spinoza... doi.org/10.2979/ethicsenviro.18.1.43Project MUSE For They Do Not Agree In Nature Spinoza and Deep Ecology project muse agree nature spinoza doi 10 2979 ethicsenviro 18 1 43
  4. Sustainable Behavior among Spanish University Students in Terms of Dimensions of Religion and Spirituality.... doi.org/10.3390/su12020470Sustainable Behavior among Spanish University Students in Terms of Dimensions of Religion and Spirituality doi 10 3390 su12020470
  5. Higher Education Transformation: To what direction? (A Look at the transformation of Ar-Raniry State... doi.org/10.26811/peuradeun.v6i3.286Higher Education Transformation To what direction A Look at the transformation of Ar Raniry State doi 10 26811 peuradeun v6i3 286
  1. #singular state religion#singular state religion
Read online
File size338.31 KB
Pages20
Short Linkhttps://juris.id/p-19
DMCAReport

Related /

ads-block-test