UAJYUAJY
Prosiding Seminar Nasional KONSTELASIProsiding Seminar Nasional KONSTELASIPerkembangan teknologi yang pesat menjadikan pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran menjadi suatu kebutuhan. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah Canva, yaitu aplikasi desain grafis yang memudahkan pembuatan gambar dan visual yang menarik untuk digunakan dalam pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi, khususnya aplikasi Canva, kepada siswa kelas 4 SD Kanisius Notoyudan. Melalui serangkaian sesi yang meliputi penjelasan materi, praktik, kuis, dan tanya jawab, peserta didik dibekali pemahaman tentang fitur-fitur dasar Canva serta konsep dasar desain grafis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mengikuti kegiatan dengan antusias yang tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan bagi siswa dalam memanfaatkan Canva untuk membuat desain visual yang menarik dan mendukung proses pembelajaran. Kedepannya, kegiatan serupa dapat dikembangkan dengan materi lainnya agar siswa memiliki penguasaan yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi Canva.
Pelatihan dasar aplikasi Canva bagi siswa kelas 4 SD Kanisius Notoyudan telah berhasil dilaksanakan, memperkenalkan penggunaan teknologi Canva untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.Evaluasi menunjukkan antusiasme tinggi peserta dan peningkatan pemahaman tentang fitur dasar Canva serta konsep desain grafis melalui sesi penjelasan, praktik, kuis, dan tanya jawab.Diharapkan kegiatan serupa dapat dikembangkan dengan materi lanjutan untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam menggunakan Canva secara lebih mendalam.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji sejauh mana integrasi fitur lanjutan Canva seperti animasi dan pengeditan video dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas 4, dengan merumuskan pertanyaan: Apakah penggunaan fitur lanjutan Canva berpengaruh signifikan terhadap kemampuan analisis dan kreativitas siswa?. Selanjutnya, studi komparatif antara pendekatan blended learning yang menggabungkan pelatihan Canva dengan metode pembelajaran tradisional dapat dilakukan untuk mengidentifikasi dampaknya terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik, misalnya dengan menanyakan: Bagaimana perbandingan motivasi belajar siswa yang mengikuti blended learning berbasis Canva versus pembelajaran konvensional?. Selain itu, pengembangan kurikulum berkelanjutan yang melanjutkan pelatihan Canva dari kelas 4 hingga kelas 6 dapat dievaluasi untuk menilai perkembangan literasi digital jangka panjang siswa, dengan pertanyaan penelitian: Apakah program pelatihan berurutan Canva meningkatkan kompetensi digital siswa secara bertahap hingga kelas 6?. Penelitian-penelitian tersebut diharapkan memberikan wawasan baru mengenai efektivitas penggunaan Canva dalam pendidikan dasar serta mendukung penyusunan strategi pembelajaran yang lebih terintegrasi.
- Pengabdian Masyarakat dengan Meningkatkan Minat Belajar pada Anak SDN 02 Babakanraden Melalui Metode... abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/312Pengabdian Masyarakat dengan Meningkatkan Minat Belajar pada Anak SDN 02 Babakanraden Melalui Metode abdimasuniversal uniba bpn ac index php abdimasuniversal article view 312
- PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL... doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL doi 10 31764 jpmb v4i1 2983
- Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah... ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGARA/article/view/1087Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah ejournals itda ac index php KACANEGARA article view 1087
- Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya... journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/136Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya journal kurasinstitute index php japamul article view 136
- Pelatihan Canva sebagai Media Pembuatan Desain Materi Presentasi pada Siswa SMP Karitas Ngaglik | GIAT... ojs.uajy.ac.id/index.php/giat/article/view/7234Pelatihan Canva sebagai Media Pembuatan Desain Materi Presentasi pada Siswa SMP Karitas Ngaglik GIAT ojs uajy ac index php giat article view 7234
| File size | 752.77 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-ag |
| DMCA | Report |
Related /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Namun, modernisasi yang berlebihan, terutama yang dipicu oleh sektor swasta, mulai mengikis keberadaan bangunan warisan dan nilai lokal, yang menjadi tantanganNamun, modernisasi yang berlebihan, terutama yang dipicu oleh sektor swasta, mulai mengikis keberadaan bangunan warisan dan nilai lokal, yang menjadi tantangan
UPIUPI Aktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan jika proses pembelajaran dilakukan secara tepat, yang dikonfirmasi oleh hasilnya. Penelitian ini dapat memberikanAktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan jika proses pembelajaran dilakukan secara tepat, yang dikonfirmasi oleh hasilnya. Penelitian ini dapat memberikan
UNSIQUNSIQ Pelatihan metode grafika yang dilaksanakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitasPelatihan metode grafika yang dilaksanakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas
UBUB Pelatihan pembuatan infografis untuk media ajar dengan menggunakan aplikasi Canva bagi guru PAUD Dadali memberikan manfaat yang signifikan bagi mitra.Pelatihan pembuatan infografis untuk media ajar dengan menggunakan aplikasi Canva bagi guru PAUD Dadali memberikan manfaat yang signifikan bagi mitra.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), penelitian ini melibatkan validasi ahli, pengujian kepraktisan pengguna, dan analisis efektivitasMenggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), penelitian ini melibatkan validasi ahli, pengujian kepraktisan pengguna, dan analisis efektivitas
SAINTEKMUSAINTEKMU Pelaksanaan pemilihan calon legislatif yang dilaksanakan di berbagai daerah membutuhkan pula dukungan sistem perolehan suara calon anggota dewan yang tepatPelaksanaan pemilihan calon legislatif yang dilaksanakan di berbagai daerah membutuhkan pula dukungan sistem perolehan suara calon anggota dewan yang tepat
PLBPLB Model ini memiliki fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang sangat baik, yang menjadikannya alat yang sangat berguna dalam pembuatan citra tekstil. DenganModel ini memiliki fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang sangat baik, yang menjadikannya alat yang sangat berguna dalam pembuatan citra tekstil. Dengan
UAJYUAJY Oleh karena itu, upaya peningkatan pemahaman kepada siswa dilakukan dengan cara membuat desain jadwal kelas menggunakan media Canva. Tujuan pengabdianOleh karena itu, upaya peningkatan pemahaman kepada siswa dilakukan dengan cara membuat desain jadwal kelas menggunakan media Canva. Tujuan pengabdian
Useful /
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Adapaun populasi penelitian ini adalah nasabah yang mengajukan pembiayaan kepada BPD KCP Syariah Sintang. Jumlah Sampel penelitian dalam penelitian iniAdapaun populasi penelitian ini adalah nasabah yang mengajukan pembiayaan kepada BPD KCP Syariah Sintang. Jumlah Sampel penelitian dalam penelitian ini
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Strategi yang dikembangkan meliputi optimalisasi rotasi praktik, penguatan pembelajaran berbasis proyek, serta peningkatan kemitraan industri. PenelitianStrategi yang dikembangkan meliputi optimalisasi rotasi praktik, penguatan pembelajaran berbasis proyek, serta peningkatan kemitraan industri. Penelitian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasiNamun, pelaksanaan masih menghadapi kendala dalam keterlibatan siswa serta integrasi teknologi digital. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan integrasi
STKIP PERSADASTKIP PERSADA 000 < 0. 05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Literasi ekonomi mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang rata-rata 46,77 yang berarti cukup memiliki000 < 0. 05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Literasi ekonomi mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang rata-rata 46,77 yang berarti cukup memiliki