WPCPUBLISHERWPCPUBLISHER

Majalah Cendekia MengabdiMajalah Cendekia Mengabdi

Masa kehamilan merupakan periode krusial yang membutuhkan pemenuhan nutrisi yang optimal, terutama bagi ibu hamil dengan anemia. Salah satu tantangan yang sering dialami adalah konstipasi gestasional serta kurangnya asupan vitamin A dan C, padahal kedua mikronutrien tersebut penting untuk mendukung sistem imun serta kesehatan ibu dan janin. Pepaya matang (Carica papaya L.) kaya akan serat, beta-karoten, dan vitamin C, sehingga potensial dijadikan alternatif nutrisi lokal. Namun, mitos mengenai risiko konsumsi pepaya bagi ibu hamil masih menghambat pemanfaatannya. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan literasi gizi pada ibu hamil melalui edukasi tentang pemanfaatan jus pepaya matang. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan media poster edukatif kepada 5 ibu hamil anemia, 5 kader posyandu, dan 3 perangkat desa pada 8 Februari 2026 di Desa Benao Hulu. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku peserta terkait keamanan serta manfaat konsumsi pepaya matang. Simpulan: Edukasi berbasis bukti efektif meluruskan persepsi keliru masyarakat, sehingga pemanfaatan pepaya sebagai sumber nutrisi dapat dioptimalkan untuk mendukung kesehatan ibu hamil di wilayah pedesaan.

Kegiatan edukasi pemanfaatan jus pepaya matang efektif meningkatkan literasi gizi, keterampilan praktis, dan kesadaran ibu hamil tentang pencegahan anemia.Media poster edukatif dapat digunakan berkelanjutan oleh tenaga kesehatan, sehingga manfaat program ini dapat dirasakan lebih luas di masyarakat Desa Benao Hulu.

Penelitian selanjutnya dapat menguji dampak jangka panjang intervensi edukasi jus pepaya terhadap prevalensi anemia pada ibu hamil dengan desain kohort longitudinal selama enam bulan, sehingga dapat menilai apakah peningkatan pengetahuan beralih menjadi perbaikan status hemoglobin secara signifikan; selanjutnya, diperlukan perbandingan efektivitas antara media poster edukatif dengan video interaktif dalam meningkatkan retensi pengetahuan dan perubahan perilaku konsumsi jus pepaya, yang dapat mengidentifikasi media paling efisien untuk program skala lebih luas; terakhir, studi eksperimental yang mengevaluasi keamanan dan kontribusi nutrisi jus pepaya matang pada berbagai trimester kehamilan, termasuk analisis dosis optimal serta potensi efek samping, akan memberikan pedoman berbasis bukti bagi kebijakan gizi prenatal di daerah dengan prevalensi anemia tinggi.

  1. Edukasi Jus Pepaya (JUPAYA) Untuk Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Benao | Majalah Cendekia... wpcpublisher.com/jurnal/index.php/majalahcendekiamengabdi/article/view/1033Edukasi Jus Pepaya JUPAYA Untuk Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Benao Majalah Cendekia wpcpublisher jurnal index php majalahcendekiamengabdi article view 1033
  2. Pengaruh Konsumsi Buah Pepaya Terhadap Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil dengan Risiko Anemia | Jurnal... journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/44877Pengaruh Konsumsi Buah Pepaya Terhadap Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil dengan Risiko Anemia Jurnal journal universitaspahlawan ac index php ners article view 44877
  3. ’THE RELATIONSHIP BETWEEN GESTATIONAL HYPERTENSION AND HEMOGLOBIN LEVELS AND THE INCIDENCE OF LOW... ejournal.akperrspadjakarta.ac.id/index.php/JEN/article/view/303AoTHE RELATIONSHIP BETWEEN GESTATIONAL HYPERTENSION AND HEMOGLOBIN LEVELS AND THE INCIDENCE OF LOW ejournal akperrspadjakarta ac index php JEN article view 303
Read online
File size485.71 KB
Pages4
DMCAReport

Related /

ads-block-test