STAIQSTAIQ

Jurnal Pena IslamJurnal Pena Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Ramah Anak yang beralamatkan di jl. Paraji, No.63, Kalibaru, Cilodong, Depok. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian yang menjelaskan barupa kata tertulis atau lisan dari narasumber yang dapat diamati. Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab tujuan dari penelitian. Wawancara telah dilakukan kepada pihak yayasan, kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua siswa. Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan kepala sekolah di SMP Islam Ramah Anak berdasarkan teori kepemimpinan yang mencakup empat aspek utama: sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih. Kepala sekolah telah menetapkan visi, misi, serta kebijakan yang selaras dengan kebutuhan siswa dan harapan orang tua, menunjukkan peran strategisnya dalam menentukan arah institusi. Sebagai agen perubahan, kepala sekolah beradaptasi dengan kebijakan pendidikan nasional, termasuk implementasi Kurikulum Merdeka dan PMM. Selain itu, kepala sekolah berperan aktif sebagai juru bicara dalam menjalin komunikasi dengan orang tua, masyarakat, dan instansi terkait. Dalam perannya sebagai pelatih, kepala sekolah membimbing dan meningkatkan kapasitas guru melalui berbagai strategi, seperti rapat rutin, diskusi langsung, serta fasilitasi pelatihan. Studi ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

SMP Islam Ramah Anak (SMPIRA) menunjukkan perkembangan positif dalam upaya menjadi sekolah bermutu sesuai dengan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).Kepala sekolah di SMPIRA telah menjalankan perannya sebagai pemimpin pendidikan dengan berlandaskan teori peran kepemimpinan yang mencakup empat aspek utama.sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih.Faktor penghambat peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPIRA adalah kurangnya keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan, kurangnya komunikasi dalam perubahan kebijakan, serta kurangnya kedekatan dengan guru dalam pembinaan profesional.Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPIRA adalah dengan mengadakan rapat rutin sebagai sarana koordinasi kepada tim setiap hari jumat serta berperan aktif dalam mengajak tim untuk terus mengembangkan potensi diri melalui pelatihan-pelatihan, baik online maupun offline.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji dampak gaya kepemimpinan partisipatif terhadap keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan sekolah. Selain itu, penelitian tentang strategi meningkatkan komunikasi dua arah antara sekolah dan orang tua untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengembangan sekolah juga relevan. Terakhir, studi tentang integrasi teknologi dalam pelatihan guru dan adaptasi kurikulum dapat menjadi arah penelitian lanjutan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Penelitian-penelitian ini dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang faktor-faktor yang mendukung kepemimpinan sekolah yang inklusif dan adaptif terhadap tantangan pendidikan modern. Penelitian tentang peran komunitas lokal dalam memperkuat budaya sekolah dan partisipasi siswa juga layak dikaji. Selain itu, studi tentang pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi guru dalam mengikuti pelatihan dan inovasi pembelajaran dapat memberikan panduan praktis untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian tentang perbandingan model kepemimpinan di sekolah berakreditasi B dan A dapat memberikan wawasan tentang faktor-faktor penentu akreditasi. Penelitian tentang efektivitas program pelatihan guru secara berkala dalam meningkatkan kapasitas dan profesionalisme juga relevan. Selain itu, studi tentang keterlibatan yayasan dalam pengambilan keputusan sekolah dapat memberikan panduan untuk meningkatkan kolaborasi antara pihak sekolah dan pemangku kebijakan. Terakhir, penelitian tentang pengaruh kebijakan pendidikan nasional terhadap perubahan kurikulum dan praktik pembelajaran di sekolah juga layak dikembangkan.

Read online
File size388.01 KB
Pages11
Short Linkhttps://juris.id/p-1sA
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test