HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG

Journal of Curriculum IndonesiaJournal of Curriculum Indonesia

Studi ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi program link and match dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Negeri 7 Semarang. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus digunakan. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru produktif, kepala konsentrasi keahlian, konselor, staf BKK, siswa, dan mitra industri. Implementasi program link and match berdasarkan peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (No. 37/D/DM/2021) dan konsep 8 I, yang mencakup sinkronisasi kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dosen tamu, praktik lapangan, sertifikasi kompetensi, magang guru, pabrik pengajaran, komitmen penyerapan lulusan, dan keterlibatan industri dalam kegiatan pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan link and match efektif meningkatkan keselarasan antara pendidikan vokasi dan kebutuhan industri melalui strategi kolaborasi yang direncanakan dengan baik dan evaluasi berkelanjutan.

Program link and match di SMK Negeri 7 Semarang dirancang melalui pembentukan tim kerja yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan kepala konsentrasi keahlian.Implementasi program mencakup sinkronisasi kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dosen tamu dari industri, praktik lapangan, sertifikasi kompetensi, magang guru di industri, pabrik pengajaran, komitmen penyerapan lulusan, serta keterlibatan industri dalam kegiatan pendidikan.Evaluasi program dilakukan melalui penilaian rencana awal, evaluasi tahunan, diskusi tindak lanjut, aspek finansial, dan analisis manfaat serta keberlanjutan.Keterlibatan industri dalam evaluasi menjadi kekuatan utama, terutama dalam menilai efektivitas magang industri dan program pelatihan guru.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi peran teknologi digital dalam meningkatkan keterlibatan industri melalui platform virtual untuk magang jarak jauh. Selain itu, studi tentang integrasi proyek antar-disiplin ilmu dalam kurikulum vokasi bisa membantu mengembangkan kompetensi holistik lulusan. Terakhir, penelitian juga dapat mengkaji dampak jangka panjang program link and match terhadap karier lulusan SMK, termasuk kinerja mereka di industri dan tingkat kepuasan pekerjaan. Ketiga saran ini bertujuan memperluas penerapan program link and match secara inklusif, meningkatkan relevansi pendidikan vokasi, serta memastikan lulusan siap menghadapi tantangan dinamika industri.

  1. #kurikulum isi#kurikulum isi
Read online
File size186.19 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1ri
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test