HABIBURRAHMANHABIBURRAHMAN

ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan mahasiswa PGSD FKIPS Universitas Islam Makassar dalam menghadapi tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language), yang telah menjadi syarat kelulusan serta kebutuhan dalam dunia akademik dan profesional. Melalui pendekatan sosialisasi, pelatihan materi, simulasi TOEFL, dan refleksi, peserta dibimbing untuk mengenal struktur tes, memahami jenis soal, serta strategi menjawab dengan efektif. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa, dilaksanakan selama tiga hari di Pusat Bahasa Universitas Islam Makassar, dan hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan serta kepercayaan diri peserta, walaupun masih terdapat tantangan pada aspek listening, structure, dan reading; kegiatan ini dinilai bermanfaat, relevan, dan direkomendasikan untuk diadakan secara berkala sebagai upaya memperkuat kompetensi bahasa Inggris mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan TOEFL bagi mahasiswa PGSD FKIPS UIM berhasil meningkatkan pemahaman, kesiapan, serta motivasi dan kepercayaan diri peserta dalam menghadapi tes, meskipun masih terdapat tantangan pada listening, structure, dan reading.Pelatihan tidak hanya memberikan pengetahuan dan strategi teknis, tetapi juga menumbuhkan kesadaran pentingnya persiapan dini untuk TOEFL sebagai syarat akademik dan profesional.Oleh karena itu, pelatihan layak dilaksanakan secara berkala dan dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan program pendampingan intensif.

Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi efektivitas program persiapan TOEFL yang diperpanjang selama satu semester dengan pendekatan blended learning, untuk mengetahui apakah durasi yang lebih lama meningkatkan skor keseluruhan dibandingkan pelatihan tiga hari. Selanjutnya, studi terpisah dapat meneliti dampak penggunaan sumber audio multimedia khusus pada kemampuan listening peserta, dengan mengukur perubahan nilai listening sebelum dan sesudah intervensi. Akhirnya, penelitian mengenai model mentorship peer‑to‑peer dalam persiapan TOEFL bagi mahasiswa PGSD dapat menguji apakah dukungan sesama mahasiswa meningkatkan kepercayaan diri dan hasil tes secara signifikan.

  1. Penguatan Literasi Bahasa Inggris Melalui Sosialisasi dan Pelatihan TOEFL bagi Mahasiswa Universitas... doi.org/10.61477/abdisamulang.v4i2.70Penguatan Literasi Bahasa Inggris Melalui Sosialisasi dan Pelatihan TOEFL bagi Mahasiswa Universitas doi 10 61477 abdisamulang v4i2 70
  1. #bahasa inggris#bahasa inggris
  2. #kompetensi bahasa mahasiswa#kompetensi bahasa mahasiswa
Read online
File size436.76 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1po
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test