ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Penelitian dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pada materi trigonometri. Materi trigonometri memerlukan kreativitas siswa sehingga siswa dituntut untuk membangun pengetahuan dan strategi belajar. Pendekatan metakognitif merupakan salah satu pendekatan yang memusatkan pengajaran bagaimana belajar matematika atau siswa diajak untuk belajar dan belajar berpikir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dengan desain one shot case study (metode pre-eksperimental). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata sehingga didapat informasi tentang aktivitas siswa, respon siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan ketuntasan belajar. Efektivitas pembelajaran ini dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) Aktifitas siswa, (4) Respon siswa. Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan metakognitif akan dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metakognitif efektif digunakan dalam materi trigonometri di kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Hal ini dikarenakan, (1) hasil belajar siswa tuntas, (2) aktivitas siswa aktif, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kriteria baik atau sangat baik.

Berdasarkan hasil pengolahan data, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metakognitif efektif digunakan pada materi Trigonometri di kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh.Hal ini dikarenakan ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,2%.Aktivitas siswa aktif dan siswa secara keseluruhan sudah terampil dalam menggunakan berbagai strategi, yakni dalam pemecahan masalah, mengecek dan memonitoring, dan dalam memahami materi.Respon siswa positif terhadap pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan metakognitif.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari pendekatan metakognitif pada pemahaman konsep trigonometri siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi strategi metakognitif yang paling efektif untuk siswa dengan tingkat kemampuan berbeda. Terakhir, penelitian dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak pendekatan metakognitif pada keterampilan pemecahan masalah siswa dalam konteks trigonometri, serta bagaimana pendekatan ini dapat diadaptasi untuk materi matematika lain.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
Read online
File size825.33 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1md
DMCAReport

Related /

ads-block-test