ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanPenelitian dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pada materi trigonometri. Materi trigonometri memerlukan kreativitas siswa sehingga siswa dituntut untuk membangun pengetahuan dan strategi belajar. Pendekatan metakognitif merupakan salah satu pendekatan yang memusatkan pengajaran bagaimana belajar matematika atau siswa diajak untuk belajar dan belajar berpikir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian dengan desain one shot case study (metode pre-eksperimental). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata sehingga didapat informasi tentang aktivitas siswa, respon siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan ketuntasan belajar. Efektivitas pembelajaran ini dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) Aktifitas siswa, (4) Respon siswa. Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan metakognitif akan dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan hasil belajar terpenuhi (efektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metakognitif efektif digunakan dalam materi trigonometri di kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Hal ini dikarenakan, (1) hasil belajar siswa tuntas, (2) aktivitas siswa aktif, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kriteria baik atau sangat baik.
Berdasarkan hasil pengolahan data, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metakognitif efektif digunakan pada materi Trigonometri di kelas X-6 SMA Negeri 11 Banda Aceh.Hal ini dikarenakan ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,2%.Aktivitas siswa aktif dan siswa secara keseluruhan sudah terampil dalam menggunakan berbagai strategi, yakni dalam pemecahan masalah, mengecek dan memonitoring, dan dalam memahami materi.Respon siswa positif terhadap pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan metakognitif.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari pendekatan metakognitif pada pemahaman konsep trigonometri siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi strategi metakognitif yang paling efektif untuk siswa dengan tingkat kemampuan berbeda. Terakhir, penelitian dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak pendekatan metakognitif pada keterampilan pemecahan masalah siswa dalam konteks trigonometri, serta bagaimana pendekatan ini dapat diadaptasi untuk materi matematika lain.
| File size | 825.33 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-1md |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Kurikulum sebagai sistem terencana memungkinkan implementasi program kelas percepatan yang mempercepat proses belajar siswa, khususnya siswa berbakat,Kurikulum sebagai sistem terencana memungkinkan implementasi program kelas percepatan yang mempercepat proses belajar siswa, khususnya siswa berbakat,
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dengan menyebarkan kuesioner. Analisa data univariat dan bivariat menggunakanPenelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dengan menyebarkan kuesioner. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan
ABULYATAMAABULYATAMA Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-1 di SMAN 1 Mesjid Raya. Untuk mengumpulkan data, siswa diberikan 25 soal pilihan ganda tentang Kata GantiSampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-1 di SMAN 1 Mesjid Raya. Untuk mengumpulkan data, siswa diberikan 25 soal pilihan ganda tentang Kata Ganti
ABULYATAMAABULYATAMA Dalam penelitian ini instrumen pengumpul data berupa tes pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan diberikan kepada siswa setelahDalam penelitian ini instrumen pengumpul data berupa tes pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan diberikan kepada siswa setelah
BERUGAKBACABERUGAKBACA Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Bone. Ditandai denganHasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Bone. Ditandai dengan
BERUGAKBACABERUGAKBACA Kontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain SyekhKontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain Syekh
UNIMALUNIMAL Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan tiga ulangan dan dilanjutkan dengan Tukey jika terdapat perbedaan.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan tiga ulangan dan dilanjutkan dengan Tukey jika terdapat perbedaan.
BELITUNG RAYABELITUNG RAYA Latar belakang: Manajemen Terpadu Penyakit Anak (IMCI) adalah pedoman terpadu dalam menangani bayi dan anak sakit di puskesmas. Namun, banyak mahasiswaLatar belakang: Manajemen Terpadu Penyakit Anak (IMCI) adalah pedoman terpadu dalam menangani bayi dan anak sakit di puskesmas. Namun, banyak mahasiswa
Useful /
UMKUMK Dua teori utama digunakan, yaitu Teori Pemulihan Perhatian (ATR) dan Teori Kognisi Berlandaskan, sebagai dasar untuk mengembangkan model penelitian. StudiDua teori utama digunakan, yaitu Teori Pemulihan Perhatian (ATR) dan Teori Kognisi Berlandaskan, sebagai dasar untuk mengembangkan model penelitian. Studi
UMKUMK Karyawan berkinerja tinggi mengalami kepuasan kerja, yang dapat disebabkan oleh kesesuaian mereka dengan pekerjaan dan organisasi. Tujuan penelitian iniKaryawan berkinerja tinggi mengalami kepuasan kerja, yang dapat disebabkan oleh kesesuaian mereka dengan pekerjaan dan organisasi. Tujuan penelitian ini
YBLIYBLI Krisis energi yang ditandai dengan menipisnya sumber energi fosil mengharuskan semua pihak yang terlibat untuk mewaspadai kondisi ini. Pengabdian masyarakatKrisis energi yang ditandai dengan menipisnya sumber energi fosil mengharuskan semua pihak yang terlibat untuk mewaspadai kondisi ini. Pengabdian masyarakat
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajarPenelitian dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi tes hasil belajar