ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanPemahaman merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai dari setiap strategi pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, para pengajar umumnya belum mengetahui alat khusus yang dapat mengukur pemahaman dan kesalahan konsep. Novak mengacu pada teori Ausubel mengatakan bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan peta konsep. Menurut Novak, Peta konsep dapat diterapkan dengan tujuan (1) menyelediki apa yang telah diketahui siswa, (2) belajar bagaimana belajar, (3) mengungkap konsepsi salah, dan (4) alat evaluasi. Aljabar merupakan salah satu materi yang penting dalam matematika. Kekeliruan dalam memahami konsep aljabar akan berdampak kelirunya terhadap pemahaman pada materi lainnya. Hal ini dikarenakan aljabar merupakan salah satu pondasi matematika. Oleh karena itu, pemahaman konsep dan kesalahan konsep yang terjadi pada aljabar penting untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan mendeskpripsikan pemahaman konsep aljabar, menemukan miskonsepsi serta mengevaluasi proses perkuliahan yang telah berlangsung pada prodi pendidikan matematika Universitas Abulyatama.
Pemahaman konsep aljabar mahasiswa calon guru melalui pemetaan konsep di prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh berada pada tingkatan miskonsepsi sebagian (MSG).Miskonsepsi materi aljabar yang terjadi pada mahasiswa calon guru di program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh terjadi pada saat mengidentifikasi ide sekunder, menentukan dan memberikan alasan terhadap jenis peta konsep yang digunakan, serta menjelaskan hubungan antara ide utama (ide pokok) dengan ide sekunder.Tanggapan (respon) mahasiswa terhadap proses perkuliahan yang berlangsung pada prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh adalah positif.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan modul pembelajaran berbasis peta konsep yang lebih interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif antara metode peta konsep dengan pendekatan pembelajaran lainnya, seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran aktif, untuk melihat efektivitas masing-masing metode. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembuatan peta konsep online, sebagai alat pendukung dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru dalam memahami konsep matematika secara holistik.
| File size | 991.01 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1m8 |
| DMCA | Report |
Related /
PERADABANPERADABAN Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahanUntuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan
PERADABANPERADABAN Total kenaikan nilai rata‑rata dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 52%. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapatTotal kenaikan nilai rata‑rata dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 52%. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Diharapkan pada waktu yang akan datang para siswa menjadi wirausahawan yang handal dan professional. Kegiatan ini dilakukan oleh team pengabdi masyarakatDiharapkan pada waktu yang akan datang para siswa menjadi wirausahawan yang handal dan professional. Kegiatan ini dilakukan oleh team pengabdi masyarakat
BELITUNG RAYABELITUNG RAYA Metode: Ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Ada sembilan informan yang dipilih menggunakan purposive sampling, yang terdiri dariMetode: Ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Ada sembilan informan yang dipilih menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari
UNISMUHUNISMUH Pengambilan data di dilakukan dengan tes pemahaman konsep fisika pada akhir siklus. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif danPengambilan data di dilakukan dengan tes pemahaman konsep fisika pada akhir siklus. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 LuwuPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Luwu
UNISMUHUNISMUH Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. rata-rata kriteria pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMABerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. rata-rata kriteria pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA
IAIN SUIAIN SU Langkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukanLangkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukan
Useful /
ARITEKINARITEKIN Perusahaan migas besar seperti Pertamina dan MedcoEnergi telah memulai transformasi, termasuk investasi dalam energi terbarukan seperti bioenergi, tenagaPerusahaan migas besar seperti Pertamina dan MedcoEnergi telah memulai transformasi, termasuk investasi dalam energi terbarukan seperti bioenergi, tenaga
STTSIMPSONSTTSIMPSON Pelayanan kontekstual merupakan salah satu model pelayanan misi yang sedang dikembangkan oleh banyak gereja masa kini. Di berbagai daerah pelayanan iniPelayanan kontekstual merupakan salah satu model pelayanan misi yang sedang dikembangkan oleh banyak gereja masa kini. Di berbagai daerah pelayanan ini
STTSIMPSONSTTSIMPSON Berdasarkan penelusuran makna kata dari Bahasa Ibrani, kata ~x;n (nawkham) yang diterjemahkan menyesal, bukan hanya memiliki makna tunggal: 1) Allah berduka,Berdasarkan penelusuran makna kata dari Bahasa Ibrani, kata ~x;n (nawkham) yang diterjemahkan menyesal, bukan hanya memiliki makna tunggal: 1) Allah berduka,
IAIN SUIAIN SU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Apabila dikaji secara kritis, politik pendidikan sekuler di Indonesia telah masuk dalam rumusan undang-undang20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Apabila dikaji secara kritis, politik pendidikan sekuler di Indonesia telah masuk dalam rumusan undang-undang