ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Pemahaman merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai dari setiap strategi pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, para pengajar umumnya belum mengetahui alat khusus yang dapat mengukur pemahaman dan kesalahan konsep. Novak mengacu pada teori Ausubel mengatakan bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan peta konsep. Menurut Novak, Peta konsep dapat diterapkan dengan tujuan (1) menyelediki apa yang telah diketahui siswa, (2) belajar bagaimana belajar, (3) mengungkap konsepsi salah, dan (4) alat evaluasi. Aljabar merupakan salah satu materi yang penting dalam matematika. Kekeliruan dalam memahami konsep aljabar akan berdampak kelirunya terhadap pemahaman pada materi lainnya. Hal ini dikarenakan aljabar merupakan salah satu pondasi matematika. Oleh karena itu, pemahaman konsep dan kesalahan konsep yang terjadi pada aljabar penting untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan mendeskpripsikan pemahaman konsep aljabar, menemukan miskonsepsi serta mengevaluasi proses perkuliahan yang telah berlangsung pada prodi pendidikan matematika Universitas Abulyatama.

Pemahaman konsep aljabar mahasiswa calon guru melalui pemetaan konsep di prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh berada pada tingkatan miskonsepsi sebagian (MSG).Miskonsepsi materi aljabar yang terjadi pada mahasiswa calon guru di program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh terjadi pada saat mengidentifikasi ide sekunder, menentukan dan memberikan alasan terhadap jenis peta konsep yang digunakan, serta menjelaskan hubungan antara ide utama (ide pokok) dengan ide sekunder.Tanggapan (respon) mahasiswa terhadap proses perkuliahan yang berlangsung pada prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Abulyatama Aceh adalah positif.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan modul pembelajaran berbasis peta konsep yang lebih interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif antara metode peta konsep dengan pendekatan pembelajaran lainnya, seperti pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran aktif, untuk melihat efektivitas masing-masing metode. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembuatan peta konsep online, sebagai alat pendukung dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru dalam memahami konsep matematika secara holistik.

  1. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
  2. #peta konsep#peta konsep
Read online
File size991.01 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1m8
DMCAReport

Related /

ads-block-test