UISUUISU

Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language TeachingLanguage Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek strategi berpikir reflektif dalam mengembangkan keterampilan membaca sastra dan kesadaran metakognitif membaca pada mahasiswa calon guru EFL. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan satu kelompok eksperimen yang terdiri dari 40 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun ketiga di Universitas Zagazig, Mesir. Perlakuan dilakukan dalam empat belas sesi melalui pengajaran drama King Lear karya Shakespeare. Instrumen yang digunakan meliputi tes membaca sastra dan skala kesadaran metakognitif membaca. Analisis data menggunakan perhitungan statistik parametrik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir reflektif memiliki efek positif dalam mengembangkan keterampilan membaca sastra dan kesadaran metakognitif membaca pada mahasiswa calon guru EFL.

Strategi berpikir reflektif mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam membaca teks sastra dengan mempraktikkan berbagai proses seperti berpikir mendalam, menganalisis elemen penting, membuat koneksi, memvisualisasikan insiden, memprediksi, dan membuat inferensi.Siswa juga mampu menciptakan makna mereka sendiri dari teks sastra dan mengevaluasinya melalui diskusi dan pertanyaan reflektif.Selain itu, strategi ini meningkatkan kesadaran metakognitif siswa dalam merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pembelajaran mereka.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada penerapan strategi berpikir reflektif dalam konteks pembelajaran bahasa asing lainnya selain EFL, seperti pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing lainnya. Selain itu, penelitian dapat memperluas cakupan dengan mengeksplorasi efek strategi ini pada kemampuan menulis dan berbicara siswa, serta mengembangkan instrumen pengukuran yang lebih komprehensif untuk menilai peningkatan kesadaran metakognitif. Terakhir, penelitian juga dapat mengevaluasi efektivitas strategi ini dalam kelompok siswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang berbeda untuk melihat apakah hasil yang serupa dapat diperoleh.

  1. REFLECTIVE THINKING STRATEGIES FOR DEVELOPING EFL LITERARY READING SKILLS AND METACOGNITIVE READING AWARENESS... doi.org/10.30743/ll.v3i2.1867REFLECTIVE THINKING STRATEGIES FOR DEVELOPING EFL LITERARY READING SKILLS AND METACOGNITIVE READING AWARENESS doi 10 30743 ll v3i2 1867
  1. #kesadaran metakognitif#kesadaran metakognitif
  2. #reflective thinking strategies#reflective thinking strategies
Read online
File size365.35 KB
Pages16
DMCAReport

Related /

ads-block-test