RAHARJARAHARJA

CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalCCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal

ROOSTER (Role Online System Ticketing Raharja) merupakan pelayanan informasi dengan menggunakan ticket online yang sistemnya disediakan sebagai wadah lanjutan untuk menampung pertanyaan yang didapat para operator iDuHelp!. Di Rooster (Role Online System Ticketing Raharja) operator iDuHelp! bertindak sebagai customer yang membuat pertanyaan lanjutan yang nantinya akan diterima oleh Staff berdasarkan bidangnya masing-masing. Pertanyaan yang diajukan pun berdasarkan ruang lingkup yang ada. Namun pada pelayanan ROOSTER pun masih terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki untuk menjadi bahan penelitian sehingga dapat disimpulkan berbagai pemecahan masalahnya. Diantara banyaknya masalah yang ada, masalah utama adalah pelayanan yang terabaikan karena kurangnya waktu pada pelayanannya, maka dapat disimpulkan pemecahannya yaitu dengan adanya sistem penambahan waktu dalam pelayanan jika dibutuhkan. Dengan adanya perbaikan sistem di ROOSTER maka kegiatan iDuHelp! di ROOSTER dapat berjalan dengan baik.

Untuk mengurangi tingkat overdue tiket, staff dapat menggunakan fasilitas edit tiket dengan menambahkan waktu yang dibutuhkan dengan memberikan alasan pada internal note.Hal ini sangat berguna untuk staff yang bertugas.Jika staff membutuhkan waktu penanganan yang lebih lama, staff dapat memberikan ekstention waktu pada tiket tersebut sehingga waktu pelayanan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan.Dengan adanya ekstention waktu pelayanan, pelayanan tidak akan terhambat karena adanya email notifikasi yang akan terkirim kepada customer jika tiket tersebut diedit waktunya.

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penelitian lanjutan dapat difokuskan pada pengembangan sistem ROOSTER dengan mengintegrasikan fitur prioritas tiket berdasarkan tingkat urgensi masalah yang dilaporkan. Hal ini akan membantu staff dalam menentukan tiket mana yang harus ditangani terlebih dahulu, sehingga mengurangi risiko terjadinya overdue. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam sistem ROOSTER, misalnya untuk memberikan rekomendasi solusi otomatis berdasarkan jenis masalah yang dilaporkan, atau untuk memprediksi potensi masalah yang mungkin timbul berdasarkan data historis tiket. Terakhir, penelitian dapat berfokus pada peningkatan kualitas data yang dimasukkan ke dalam sistem ROOSTER, misalnya dengan menerapkan validasi data yang lebih ketat dan memberikan pelatihan kepada staff tentang cara mengisi tiket dengan informasi yang lengkap dan akurat, sehingga memudahkan proses analisis dan pemecahan masalah.

Read online
File size84.56 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test