STITMUBOSTITMUBO

Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahJurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pasca pandemi. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan sumber data utama hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran mengalami perubahan 100% yang semula pendidikan dilakukan secara daring, dua tahun (2020–2021) pola pendidikan dilakukan online, sehingga siswa mengalami problematika sosial yang mengubah kebiasaan dalam pembelajaran saat pendidikan dilaksanakan tatap muka (offline). Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk membangkitkan semangat siswa setelah adanya pandemi adalah dengan mempergunakan berbagai macam metode pembelajaran, metode keteladanan, simulasi, afirmasi, repeat power, dan lain sebagainya.

Setelah pandemi, proses pembelajaran berubah total dari daring menjadi tatap muka, sehingga siswa mengalami masalah sosial akibat perubahan kebiasaan.Untuk mengembalikan semangat belajar, diperlukan strategi seperti keteladanan, simulasi praktik, afirmasi, repeat power, dan penggunaan metafora dalam pendidikan karakter.Selain itu, perlu dibangun kesepakatan nilai keunggulan secara pribadi maupun kelembagaan sebagai budaya bersama dalam menumbuhkan karakter positif.

Pertama, perlu diteliti efektivitas metode keteladanan guru dalam memulihkan keterampilan sosial siswa setelah dua tahun belajar daring, dengan fokus pada bagaimana perilaku guru memengaruhi sikap dan interaksi siswa di kelas. Kedua, perlu dikaji penerapan metode simulasi praktik atau experiential learning dalam pembelajaran karakter di sekolah dasar, terutama dalam bentuk role play yang relevan dengan konteks sosial saat ini. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian tentang pengaruh penggunaan afirmasi visual (ikon dan kalimat positif) serta repeat power secara rutin di ruang kelas terhadap peningkatan motivasi belajar dan pembentukan identitas moral siswa dalam jangka panjang, termasuk bagaimana metode ini bisa disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman anak. Penelitian-penelitian ini dapat memberikan dasar empiris bagi pendekatan pembangunan karakter yang lebih terstruktur, terukur, dan berkelanjutan di masa pasca pandemi.

  1. #interaksi sosial siswa#interaksi sosial siswa
Read online
File size304.88 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test