ITBITB

Journal of Engineering and Technological SciencesJournal of Engineering and Technological Sciences

Rubberized thin surfacing hot mix asphalt (RTSHMA) adalah jenis perkerasan lentur yang sedang dikembangkan. RTSHMA dapat memberikan performa yang sama baiknya dengan asphalt concrete–wearing course (AC-WC). Berdasarkan penelitian sebelumnya, penggunaan crumb rubber dalam campuran aspal memberikan beberapa keunggulan, seperti meningkatkan fleksibilitas campuran sehingga perkerasan lebih tahan terhadap retak. Berdasarkan temuan tersebut, ide muncul untuk menerapkannya di lapangan, khususnya pada ruas Jalan Palur–Perbatasan Kota Sragen sebagai lapisan permukaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah pemodelan struktur perkerasan menggunakan program KENPAVE dan BISAR 3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa model AC-WC dan RTSHMA memiliki performa yang sama baiknya karena keduanya memiliki masa pakai lebih dari dua puluh tahun, yang merupakan standar untuk perkerasan lentur. Namun, RTSHMA memiliki keunggulan, yaitu ketebalan lapisannya 25% lebih tipis daripada AC-WC. Dengan ketebalan yang lebih tipis namun performa yang sama baiknya, RTSHMA layak dipertimbangkan sebagai alternatif perkerasan, terutama untuk overlay.

Perkerasan yang ada di ruas Palur–Perbatasan Kota Sragen memiliki performa sedikit lebih baik daripada RTSHMA, tetapi keduanya memenuhi standar masa pakai minimum saat diterapkan di lapangan.RTSHMA mampu mengurangi ketebalan lapisan sebesar 25% dibandingkan perkerasan yang ada sambil memberikan performa yang sama baiknya.Oleh karena itu, RTSHMA layak dipertimbangkan sebagai opsi alternatif perkerasan.

Penelitian selanjutnya dapat menguji bagaimana variasi ketebalan lapisan RTSHMA, mulai dari 1,5 cm hingga 3,5 cm, memengaruhi masa pakai dan kekuatan perkerasan di bawah beban lalu lintas berat yang berbeda-beda, terutama di daerah dengan iklim ekstrem seperti hujan lebat dan panas terik. Selain itu, perlu dikaji dampak penggunaan campuran crumb rubber dari berbagai sumber limbah ban (lokal vs impor) terhadap kinerja jangka panjang, karena perbedaan ukuran partikel dan komposisi kimia bisa memengaruhi daya tahan dan fleksibilitas campuran. Terakhir, penelitian dapat mengembangkan model prediktif yang menggabungkan data cuaca, volume lalu lintas, dan kondisi tanah dasar untuk memperkirakan masa pakai RTSHMA secara real-time, sehingga dapat membantu otoritas jalan dalam merencanakan pemeliharaan yang lebih tepat waktu dan efisien tanpa harus menunggu kerusakan visual muncul.

  1. The use of Crumb Rubber as Substitute of Fine Aggregate for Hot Asphalt Mixture using Polymer Modified... doi.org/10.1088/1757-899X/333/1/012093The use of Crumb Rubber as Substitute of Fine Aggregate for Hot Asphalt Mixture using Polymer Modified doi 10 1088 1757 899X 333 1 012093
  2. Structural Analysis and Service Life Prediction of Rubberized Thin Surfacing Hot Mix Asphalt | Journal... journals.itb.ac.id/index.php/jets/article/view/19326Structural Analysis and Service Life Prediction of Rubberized Thin Surfacing Hot Mix Asphalt Journal journals itb ac index php jets article view 19326
  3. Environmental and Economic Analysis of Selected Pavement Preservation Treatments | Civil Engineering... doi.org/10.28991/cej-2020-03091465Environmental and Economic Analysis of Selected Pavement Preservation Treatments Civil Engineering doi 10 28991 cej 2020 03091465
File size870.31 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test