ITBITB

Journal of Engineering and Technological SciencesJournal of Engineering and Technological Sciences

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar fisika. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMA.

Model inkuiri terbimbing dengan media interaktif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMA.Peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 78% dan hasil belajar fisika sebesar 75%.

Bisakah kita coba bandingkan efek model inkuiri terbimbing ini jika dipadukan dengan realitas virtual di kelas yang sama untuk melihat mana yang lebih meningkatkan daya imajinasi siswa? Bagaimana kalau kita uji juga apakah strategi ini tetap manjur jika diterapkan secara daring pada siswa yang tinggal di daerah 3T agar tetap merata? Dan, apakah mungkin kita selidiki lebih dalam peran guru sebagai fasilitator dengan mengukur tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah intervensi agar kita tahu apakah keberanian bertanya juga turut meningkat?.

File size1.06 MB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test